Strategi Branding Jeruk Semboro Dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen Melalui Pendekatan Perilaku Konsumen

ALFAN JAUHARI, AHMAD HAFIDH (2019) Strategi Branding Jeruk Semboro Dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen Melalui Pendekatan Perilaku Konsumen. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
AHMAD HAFIDH ALFAN JAUHARI_E20152042.pdf - Submitted Version

Download (6MB)

Abstract

vJember merupakan salah satu penghasil jeruk yang khas di Indonesia yaitu jeruk Semboro. Salah satu petani yang membudidayakan jeruk Semboro adalah H. Mukhojien pada awal tahun 1998, rasa penasaran dan ingin mencoba coba untuk budidaya tanaman jeruk, membuat Mukhojien serius dan menekuni budidaya jeruk Semboro. Pemasaran jeruk Semboro yang dilakukan oleh Mukhojien sebagai salah satu petani di Semboro yaitu melalui tengkulak yang telah memesan buah sebelum masak. Fokus dari penelitian ini di antaranya adalah: (1) Bagaimana strategi branding jeruk Semboro dalam meningkatkan jumlah konsumen melalui pendekatan perilaku konsumen?, (2) Bagaimana hambatan strategi branding jeruk Semboro dalam meningkatkan jumlah konsumen melalui pendekatan perilaku konsumen? dan (3) Bagaimana solusi hambatan strategi branding jeruk Semboro dalam meningkatkan jumlah konsumen melalui pendekatan perilaku konsumen? Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui bagaimana strategi branding jeruk Semboro dalam meningkatkan jumlah konsumen melalui pendekatan perilaku konsumen, (2) Untuk mengetahui bagaimana hambatan strategi branding jeruk Semboro dalam meningkatkan jumlah konsumen melalui pendekatan perilaku konsumen dan (3)Bagaimana solusi hambatan strategi branding jeruk Semboro dalam meningkatkan jumlah konsumen melalui pendekatan perilaku konsumen. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kulitatif. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan documenter. Sedangkan analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Untuk dapat meningkatkan jumlah konsumen dan mempertahankan kepercayaan konsumen upaya yang dilakukan adalah menjaga kualitas jeruk Semboro, di antaranya adalah rasa, ketahanan buah, (2) Hambatan dalam hambatan strategi branding jeruk Semboro dalam meningkatkan jumlah konsumen melalui pendekatan perilaku konsumen yaitu 1) ketidakjujuran pedagang, dimana pedagang melakukan kecurangan dengan mengatakan buah dari daerah lain dikatakan jeruk dari Semboro, belum lagi jeruk-jeruk yang rasanya kecut dikatakan manis, pokoknya banyak akal dari pedagang untuk menipu konsumen, juga diantaranya adalah mengurangi timbangan, 2) kenaikan harga, dan 3) adanya pesaing, yaitu masuknya jeruk-jeruk lain dari luar daerah Semboro yang menyerbu pasar Jember, dan (3) Solusi hambatan strategi branding jeruk semboro dalam meningkatkan jumlah konsumen melalui pendekatan perilaku konsumen meliputi gencar melakukan promosi dan pemberian garansi yaitu garansi jika barang yang dipesan tidak sesuai dengan kriteria yang diharapkan konsumen, barang dapat dikembalikan dan diganti dengan barang baru yang sesuai dengan pesanan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 27 Oct 2022 07:40
Last Modified: 27 Oct 2022 07:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14157

Actions (login required)

View Item View Item