PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI NARAPIDANA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS IIA JEMBER TAHUN 2022

Islamiah, Lailatul (2022) PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI NARAPIDANA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS IIA JEMBER TAHUN 2022. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Lailatul Islamiah T20181462.pdf

Download (3MB)

Abstract

Lailatul Islamiah, 2022. Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam Bagi Narapidana
Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Jember.
Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, Narapidana, Lembaga Pemasyarakatan.
Pembinaan Pendidikan agama Islam merupakan salah satu cara Lembaga
Pemasyarakatan Kelas IIA Jember, untuk membina dan mendidik Narapidana agar
senantiasa dapat memahami ajaran Islam secara menyeluruh. Lalu menghayati
tujuan, yang pada akhirnya dapat mengamalkan serta menjadikan Islam sebagai
pendangan hidup.
Focus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah:1) Bagaimana Tujuan
pembinaan Pendidikan Agama Islam bagi Narapidana di Lembaga
Pemasyarakatan Kelas II A Jember?2) Bagaimana Materi pembinaan Pendidikan
Agama Islam bagi Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Jember? 3)
Bagaimana Model pembinaan Pendidikan Agama Islam bagi Narapidana di
Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Jember? 4) Bagaimana Evaluasi pembinaan
Pendidikan Agama Islam bagi Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II
A Jember?
Tujuan penelitian ini adalah :1) Untuk mendeskripsikan Tujuan pembinaan
Pendidikan Agama Islam bagi Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA
Jember2)Untuk mendeskripsikan materi pembinaan Pendidikan Agama Islam bagi
Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Jember 3) Untuk
mendeskripsikan Model pembinaan Pendidikan Agama Islam bagi Narapidana di
Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Jember4) Untuk mendeskripsikan Evaluasi
pembinaan Pendidikan Agama Islam bagi Narapidana di Lembaga
Pemasyarakatan Kelas IIA Jember.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research)
menggunakan Teknik pengumpulan data : Observasi,Wawancara,dan
Dokumentasi. Keabsahan data penelitian ini menggunakan 2 jenis triangulasi
yaitu : triangulasi sumber dan tekhnik. Untuk analisis data menggunakan model
interaktif Miles dan Huberman yaitu :1)Kondensasi data, 2)penyajian data, dan
3)penarikan kesimpulan.
Penelitian ini memperoleh hasil:1) Tujuan Pendidikan Agama Islam yaitu untuk
Membina karakter Narapidana,meningkatkan ketaatan serta keimanan kepada
Allah SWT. 2) Materi pendidikan agama islam yang dipelajari Meliputi istighasah,
rotibul haddad, akhlak, fiqih, dzikrul ghafilin, yasin dan tahlil, BTQ, dan
shawalatan 3) Model Pembelajaran yang digunakan Pendekatan Individual.
Metode: Metode sorogan, ceramah, tanya jawab, diskusi, Pembelajaran secara
otodidak. Strategi:pembelajaran berpusat pada guru dan pembelajaran berpusat
pada murid. 4) Evaluasi yang digunakan yaitu diilakukan pada saat akan bebas,
baik itu bebas bersyarat, maupun cuti bersyarat. Sedangkan untuk Tekhnik
penilaiannya menggunakan tekhnik penilaian tes lisan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Islamiah Lailatul
Date Deposited: 28 Oct 2022 01:29
Last Modified: 28 Oct 2022 01:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14166

Actions (login required)

View Item View Item