Pengelolaan Dana Zakat Untuk Pemberdayaan Ekonomi Umat Di LAZNAS Yatim Mandiri Lumajang

Amalia, Iqdatul (2022) Pengelolaan Dana Zakat Untuk Pemberdayaan Ekonomi Umat Di LAZNAS Yatim Mandiri Lumajang. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
IQDATUL AMALIA.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Iqdatul Amalia, Dr. H. Roni Subhan, M.Pd 2022 : Pengelolaan Dana Zakat Untuk Pemberdayaan Ekonomi Umat Di LAZNAS Yatim Mandiri Lumajang.

Pengelolaan dana zakat dapat membantu pengentasan kemiskinan masyarakat Indonesia yang sedang mengalami krisis perekonomian, pemberdayaan ekonomi merupakan program yang dapat membantu usaha mustahik serta memberikan kemandirian kepada mustahik.
Dalam skripsi ini mempunyai fokus penelitian yaitu : 1. Bagaimana pengelolaan dana zakat untuk pemberdayaan ekonomi umat di LAZNAS Yatim Mandiri Lumajang?. 2. Bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pengelolaan dana zakat untuk pemberdayaan ekonomi umat yang dialami oleh LAZNAS Yatim Mandiri Lumajang?.
Sehingga skripsi ini memiliki beberapa tujuan penelitian yaitu : 1. Mengetahui pengelolaan dana zakat untuk pemberdayaan ekonomi umat di LAZNAS Yatim Mandiri Lumajang. 2. Mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pengelolaan dana zakat untuk pemberdayaan ekonomi umat yang dialami oleh LAZNAS Yatim Mandiri Lumajang.
Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya menggunakan jenis penelitian lapangan untuk itu peneliti langsung terjun ke Lembaga Amil Zakat Nasional Yatim Mandiri Lumajang.
Kesimpulan dari skripsi ini adalah : 1. Pengelolaan dana zakat untuk pemberdayaan ekonomi umat di LAZNAS Yatim Mandiri Lumajang yaitu dalam pengelolaan dana zakatnya dibedakan menjadi dua yaitu secara konsumtif dan produktif, pada program pemberdayaan ekonomi ini adalah zakat produktif yang mana dana zakat disalurkan berupa dana hibah dan dana bergulir yang nantinya dana ini digunakan untuk membuka usaha atau mengembangkan usaha para bunda. 2. Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pengelolaan dana zakat untuk pemberdayaan ekonomi umat yang dialami oleh LAZNAS Yatim Mandiri Lumajang yaitu: a. Faktor pendukung adanya pihak perangkat Desa Karangbendo Kabupaten Lumajang mengetahui adanya program BISA serta anggaran yang memadai untuk pelaksanaan program BISA dan hal lainnya para bunda yang saling membangun rasa kekeluargaan, semangat dalam mengikuti materi yang diberikan. b. Faktor penghambat dari segi pemateri, kurangnya sumber daya manusia, serta kurangnya pemahaman bunda yatim terhadap penggunaan handphone android dan melakukan pemasaran online melalui facebook dan shopee.

Kata Kunci: Pengelolaan Dana Zakat, Pemberdayaan Umat, LAZNAS Yatim Mandiri Lumajang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Mis Iqdatul Amalia
Date Deposited: 28 Oct 2022 01:48
Last Modified: 28 Oct 2022 01:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14169

Actions (login required)

View Item View Item