Analisis Tabungan Berbasis Kepercayaan Oleh Kaum Perempuan Di Desa Pace Kecamatan Silo Kabupaten Jember.

Azizah, Nur (2022) Analisis Tabungan Berbasis Kepercayaan Oleh Kaum Perempuan Di Desa Pace Kecamatan Silo Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nur Azizah_E201821147.pdf

Download (2MB)

Abstract

Nur Azizah, Siti Alfiyah, S.E.I., M.E. 2022 “ANALISIS SISTEM TABUNGAN BERBASIS KEPERCAYAAN OLEH KAUM PEREMPUAN DI DESA PACE KECAMATAN SILO KABUPATEN JEMBER”

Kata Kunci : Tabungan, Berbasis Kepercayaan

Menabung merupakan hal yang sangat umum di kalangan masyarakat terutama bagi kaum perempuan merupakan suatu hal yang sudah menjadi budaya di masyarakat kita dan menabung ini sebenarnya telah ditanamkan lama oleh para orang tua kepada anak-anaknya untuk bisa mengelola uang saku kebutuhan dengan benar juga bisa menyisihkan sebagian uang sesuai dengan kebutuhan bahkan bisa menyisihkan sebagian uang kita untuk disimpan serta menabung ini pula bisa dimulai sejak dini sebagai pembiasaan dengan menabung.
Dengan menabung ini pula banyak sekali manfaat dan juga manfaat untuk masa depan sedangkan hikmah yang dapat diambil dari menabung ini adalah belajar menghemat, tidak berlaku boros dalam membeli sesuatu yang intinya adalah dengan menabung ini merupakan suatu hal wajib yang harus dilakukan karena dengan menabung ini pengeluaran menjadi termanagemen dan juga terjadwal.
Fokus masalah yang di teliti dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana Akad yang digunakan pada sistem tabungan berbasis kepercayaan oleh kaum perempuan di Desa Pace Kecamatan Silo Kabupaten Jember? (2) Bagaimana keuntungan yang diperoleh oleh kaum perempuan pada sistem Tabungan berbasis kepercayaan di Desa Pace Kecamatan Silo Kabupaten Jember?
Tujuan penelitian ini adalah , (1) Mengetahui akan Akad yang digunakan dalam sistem tabungan berbasis kepercayaan oleh kaum perempuan di Desa Pace Kecamatan Silo Kabupaten Jember. (2) Mengetahui bagaimana keuntungan yang diperoleh oleh kaum perempuan di Desa Kecamatan Silo Kabupaten Jember
Untuk mengidentifikasi masalah tersebut, peneliti mengunakan metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif deksriptif, Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Peneliti memperoleh kesimpulan dari hasil penelitian bahwa:
Budaya menabung ini pula bisa dibilang kebiasaan yang dilakukan manusia baik di wilayah perkotaan, wilayah pedesaan hingga wilayah terpencil pun melakukan yang namanya menabung ini sehingga membuat Perilaku hemat sangatlah penting dan perlu dilestarikan karena dengan menabung ini pula bisa menjadi acuan sebagai media penyimpanan. Kepercayaan merupakan keutaamaan karena dengan adanya kepercayaan antara pihak penyelenggara dan nasabah tabunga ini dapat berjalan lancar dan cara peyelenggara meyakinkan kepercayaan dari nasabah ini adalah dengan adanya catatan buku serta penyalinan catatan ini ke dalam buku nota besar serta pengambilan pembayaran yang dilakukan secara offline sehingga membuat bertemunya dua orang anatar penyelenggara dan juga nasabah sebagai bukti

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: E20182147 Nur Azizah
Date Deposited: 28 Oct 2022 02:58
Last Modified: 28 Oct 2022 02:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14170

Actions (login required)

View Item View Item