STRATEGI PENDISTRIBUSIAN DANA ZAKAT INFAQ DAN SHADAQOH (ZIS) DI NU CARE LAZISNU JEMBER PADA MASA PANDEMI COVID 19

Yanuarida, Elsya Febi (2022) STRATEGI PENDISTRIBUSIAN DANA ZAKAT INFAQ DAN SHADAQOH (ZIS) DI NU CARE LAZISNU JEMBER PADA MASA PANDEMI COVID 19. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Elsya Febi Yanuarida_E20184019.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Elsya Febi Yanuarida, Dr. M.F. Hidayatullah, S.H.I., M.S.I. 2022: Strategi Pendistribusian Dana Zakat Infaq dan Shadaqoh (ZIS) Di NU CARE LAZISNU Jember Pada Masa Pandemi Covid 19.

Strategi merupakan rencana jangka panjang yang ditentukan oleh pemimpin lembaga, dengan cara tindakan aktivitas untuk mencapai tujuan dalam rangka mempertahankan keberlangsungan lembaga untuk bersaing dengan lembaga lain. Distribusi merupakan penyaluran barang/jasa dari muzakki kepada mustahik dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
Terdapat tiga fokus penelitian diantaranya: (1) Bagaimana staregi pendistribusian dana zakat infaq dan shadaqoh (ZIS) di NU LAZISNU Jember pada masa pandemi covid 19? (2) Faktor apa saja yang menjadi penghambat dalam pendistribusian dana zakat infaq dan shadaqoh (ZIS) di NU CARE LAZISNU Jember pada masa pandemi covid 19? (3) Bagaimana solusi untuk mengatasi faktor apa saja yang menjadi penghambat dalam pendistribusian dana zakat infaq dan shadaqoh (ZIS) di NU CARE LAZISNU Jember pada masa pandemi covid 19?.
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui strategi pendistribusian dana zakat infaq dan shadaqoh (ZIS) di NU CARE LAZISNU Jember pada masa pandemi covid 19. (2) Untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi penghambat dalam pendistribusian dana zakat infaq dan shadaqoh (ZIS) di NU CARE LAZISNU Jember pada masa pandemi covid 19. (3) Untuk mengetahui solusi untuk mengatasi faktor apa saja yang menjadi penghambat dalam pendistribusian dana zakat infaq dan shadaqoh (ZIS) di NU CARE LAZISNU Jember pada masa pandemi covid 19.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive, serta Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian dalam penelitian skripsi ini antara lain: 1) Strategi Pendistribusian dana zakat infaq dan shadaqoh (ZIS) di NU CARE LAZISNU Jember pada masa pandemi covid 19 menggunakan tahap-tahap strategi yang meliputi: a) Perumusan (Perencanaan) strategi b) Implementasi (Penerapan/pelaksanaan) strategi c) Evaluasi strategi. 2) Kendala yang dialami oleh NU CARE LAZISNU Jember adalah banyak pengurus yang tidak ikut andil dalam pelaksanaan pendistribusian dan keterbatasan pada saat melaksanakan pendistribusian. 3) Solusi yang NU CARE LAZISNU Jember lakukan dalam mengatasi kendala. Pengurus NU CARE LAZISNU Jember bekerjasama dengan PCNU dan Banom-banom NU dan turun langsung ke kerumah-rumah mustahik agar mempermudah mustahik mendapatkan bantuan dan mempercepat penguruS NU CARE LAZISNU Jember dalam melaksanakan program isoman.

Kata Kunci: Strategi, Pendistibusian, Pada Masa Pandemi Covid 19.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Mis Elsya Febi Yanuarida
Date Deposited: 28 Oct 2022 01:19
Last Modified: 28 Oct 2022 01:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14173

Actions (login required)

View Item View Item