Analisis Bagi Hasil Dengan Akad Mudharabah Musytarakah Pada Praktik Gaduh Sapi Di Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember

Widiyanti, Eva (2022) Analisis Bagi Hasil Dengan Akad Mudharabah Musytarakah Pada Praktik Gaduh Sapi Di Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI EVA WIDIYANTI WATERMARK.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Eva Widiyanti, 2022: Analisis Bagi Hasil Dengan Akad Mudharabah Musytarakah Pada Praktik Gaduh Sapi Di Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember.
Penelitian ini dilatarbelakangi usaha bagi hasil pemeliharaan sapi di Desa Sidomulyo bahwa pola bagi hasil pada gaduh sapi ini hanya mengukuti kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat terdahulu tanpa adanya kontrak secara tertulis tentang usaha yang mereka lakukan, melainkan hanya atas dasar rasa saling percaya. Hal ini sangat bertentangan dengan prinsip dalam bermuamalah yang mengharuskan kejelasan dalam melakukan akad kerjasama.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana praktik bagi hasil gaduh sapi di desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember? 2) Bagaimana bagi hasil dengan akad mudharabah musytarakah pada praktik gaduh sapi di desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember?
Tujuan penelitian ini antara lain adalah: 1) Untuk mengetahui tentang praktik bagi hasil gaduh sapi di desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember. 2) Untuk mengetahui bagi hasil dengan akad mudharabah musytarakah pada praktik gaduh sapi di desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan. Pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisa secara kualitatif dan diuji keabsahannya dengan triangulasi sumber.
Adapun kesimpulan dari penelitian ini bahwa: 1) Pembagian hasil antara pemilik dan pengelola pada usaha gaduh sapi di Desa Sidomulyo yakni menggunakan dua macam pola bagi hasil. Pertama, apabila sapi bakalan jantan maka keuntungan diambil dari hasil penjualan. Kedua, Jika sapi bakalan betina maka pembagian hasil berdasarkan anak sapi yang dilahirkan. 2) Penerapan prinsip bagi hasil usaha gaduh sapi di Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember bisa dikatakan termasuk dalam akad Mudharabah Musytarakan. Hal ini dapat dilihat dari rukun mudharabah musytarakah yaitu terdapat pemilik dana (shahibul maal) yang menyerahkan modal berupa sapi atau uang kepihak pengelola (mudharib), sedangkan pihak pengelola mengeluarkan modal secara berkala untuk perawatan sapi.

Kata Kunci : Bagi Hasil, Mudharabah Musytarakah, Gaduh Sapi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mis Eva Widiyanti
Date Deposited: 31 Oct 2022 08:47
Last Modified: 31 Oct 2022 08:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14176

Actions (login required)

View Item View Item