Implementasi zakat produktif dalam program Bunda Mandiri Sejahtera (BISA) di Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Yatim Mandiri Lumajang

Amanah, Wardatul (2022) Implementasi zakat produktif dalam program Bunda Mandiri Sejahtera (BISA) di Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Yatim Mandiri Lumajang. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Wardatul Amanah_E20184012

Download (2MB)

Abstract

Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Yatim Mandiri Lumajang merupakan lembaga nirlaba yang berkhidmat dalam memeberdayakan segala potensi anak yatim dan dhuafa melalui pengelolaan dana Zakat, Infak, Sedekah, dan Wakaf (ZISWAF). Dana tersebut diperoleh dengan halal dan legal, baik perorangan, lembaga, instansi, maupun coomperate. Sebagian dana disalurkan dengan cara produktif sehingga para mustahik merasakan manfaatnya secara terus-menerus.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana implementasi zakat produktif melalui program Bunda Mandiri Sejahtera (BISA) di Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Yatim Mandiri Lumajang? (2) Apa faktor-faktor pendukung dan penghambat zakat produktif dalam program Bunda Mandiri Sejahtera (BISA) di Lembaga Yatim Mandiri Lumajang?
Adapun tujuan dari penelitian ini: (1) Menguraikan implementasi zakat produktif melalui program Bunda Mandiri Sejahtera (BISA) di Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Yatim Mandiri Lumajang. (2) Menguraikan faktor-faktor pendukung dan penghambat zakat produktif dalam program Bunda Mandiri Sejahtera (BISA) di Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Yatim Mandiri Lumajang.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang berjenis dekriptif. Teknik pengambilan sempel yang digunakan yaitu purposive. Data yang diperoleh menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisisi data yang digunakan yaitu teknik analisis data Model Miles dan Huberman. Selain itu untuk keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Yatim Mandiri Lumajang menyalurkan dana zakat, infak, shadaqah, dan wakaf (ZISWAF) dengan cara produktif, yang mana terealisasikan pada salah satu dari program yang dimilikinya yaitu program Bunda Mandiri Sejahtera (BISA). Pada program ini menerapkan prinsip-prinsip zakat produktif beserta manajemen pengelolaan yang tertata sehingga mendapatkan hasil yang optimal. Adapun faktor penghambat pada program ini yaitu mengenai pemasaran secara online.

Kata kunci : Implementasi, Zakat Produktif, Program Bunda Mandiri Sejahtera (BISA)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Warda Warda Wardatul Amanah
Date Deposited: 31 Oct 2022 02:51
Last Modified: 31 Oct 2022 02:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14177

Actions (login required)

View Item View Item