Strategi penyelesaian kredit bermasalah pada pt sinarmas multifinance cabang bondowoso

Al-Afifah, Ainur Fatihah Layla (2022) Strategi penyelesaian kredit bermasalah pada pt sinarmas multifinance cabang bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AINUR FATIHAH L.A_FEBI_PS_compressed.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ainur Fatihah Layla Al-Afifah, Ana Pratiwi, M.S.A (2022): “Strategi Penyelesaian Kredit Bermasalah Pada PT Sinarmas Multifinance Cabang Bondowoso”.

Kredit menjadi alternatif yang membantu setiap lapisan masyarakat dalam bidang pembiayaan. Kredit menjadi salah satu sumber pendapatan terbesar bagi lembaga penyalur kredit. Namun tingginya permintaan kredit dapat memicu terjadinya risiko kredit bermasalah. Kredit bermasalah dapat digambarkan sebagai nasabah yang mengalami kegagalan dalam pemenuhan kewajibannya baik disengaja maupun tidak disengaja. Oleh karena itu kredit bermasalah memerlukan skala prioritas dalam penanganannya dan apabila tidak segera diatasi dan diselesaikan akan mempengaruhi pertumbuhan bisnis suatu lembaga keuangan.

Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Apa saja faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kredit bermasalah pada PT Sinarmas Multifinance Cabang Bondowoso?. 2) Apa saja dampak kredit bermasalah terhadap PT Sinarmas Multifinance Cabang Bondowoso?. 3) Bagaimana strategi penyelesaian kredit bermasalah pada PT Sinarmas Multifinance Cabang Bondowoso?.

Tujuan penelitian adalah: 1) Untuk mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya kredit bermasalah pada PT Sinarmas Multifinance Cabang Bondowoso. 2) Untuk mengetahui dampak kredit bermasalah terhadap PT Sinarmas Multifinance Cabang Bondowoso. 3) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi yang dilakukan PT Sinarmas Multifinance Cabang Bondowoso dalam menyelesaikan kredit bermasalah.

Penelitian ini menggunakan metode pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan informan menggunakan teknik Purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Kehabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber.

Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Kredit bermasalah pada PT Sinarmas Multifinane Cabang Bondowoso disebabkan oleh tiga faktor, yakni faktor intern debitur, faktor intern dan ekstern lembaga tersebut. 2) Dampak kredit bermasalah terhadap PT Sinarmas Multifinance Cabang Bondowoso mengakibatkan naiknya rasio kredit bermasalah sehingga menyebabkan perolehan laba menurun dan biaya pencadangan kredit bermasalah meningkat. Menurunnya laba berpengaruh pada penurunan ROA dan ROE. 3) PT Sinarmas Multifinance Cabang Bondowoso melakukan upaya penyelamatan kredit pada masa pandemi Covid-19 dengan menggunakan kebijakan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yakni restrukturisasi, sedangkan setelah kebijakan tersebut dicabut penyelesaian kredit bermasalah dilakukan dengan secara damai dan melalui jalur hukum apabila upaya penyelesaian secara damai tidak berhasil.

Kata Kunci: Kredit, Kredit Bermasalah, Sewa Guna Usaha

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mrs Ainur Fatihah Layla Al-Afifah
Date Deposited: 31 Oct 2022 02:42
Last Modified: 31 Oct 2022 02:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14182

Actions (login required)

View Item View Item