MANAJEMEN DISTRIBUSI ZAKAT, INFAQ DAN SEDEKAH (ZIS) DALAM MEMBANTU PENINGKATAN PENDIDIKAN ANAK YATIM LEMBAGA AMIL ZAKAT NASIONAL (LAZNAS) YATIM MANDIRI LUMAJANG

Minanul Halim, Lukman (2022) MANAJEMEN DISTRIBUSI ZAKAT, INFAQ DAN SEDEKAH (ZIS) DALAM MEMBANTU PENINGKATAN PENDIDIKAN ANAK YATIM LEMBAGA AMIL ZAKAT NASIONAL (LAZNAS) YATIM MANDIRI LUMAJANG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
LUKMAN MINANUL HALIM_E20184011.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Lukman Minanul Halim, Dr. Abdul Rokhim, S.Ag., M.EI 2022: Manajemen Distribusi
Zakat, Infaq dan Sedekah (ZIS) Dalam Membantu Peningkatan Pendidikan Anak
Yatim Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Yatim Mandiri Lumajang.
Manajemen distribusi ZIS untuk pendidikan yang dilakukan LAZNAS Yatim Mandiri
Lumajang disalurkan dalam bentuk program pendidikan, dengan fokus utama distribusi
untuk memandirikan anak yatim, salah satu prioritas distribusi diberikan melalui program
pendidikan yang salah satunya berupa beasiswa, dengan harapan menjadikan anak-anak
yatim dan dhuafa menjadi pribadi yang mandiri, berkualitas dan bermanfaat ketika
bermasyarakat nantinya. Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu: Bagaimana Manajemen
distribusi dana Zakat, Infaq, Sedekah (ZIS) Untuk pendidikan ?2. Faktor manfaat apa saja
yang diterima untuk peningkatan pendidikan anak yatim LAZNAS Yatim Mandiri
Lumajang?
Penelitian ini bertujuan untuk: 1.Untuk mengetahui bagaimana manajemen distribusi
Zakat, Infaq. Dan Sedekah (ZIS) untuk pendidikan pada Laznas Yatim Mandiri Lumajang.
2. Untuk mengetahui faktor manfaat apa saja yang diterima untuk peningkatan pendidikan
anak yatim pada LAZNAS Yatim Mandiri Lumajang.
Kegiatan dalam melakukan penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian
kualitatif deskriptif. Untuk teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik
observasi, wawancara, dokumentasi. Selanjutnya untuk analisis data menggunakan reduksi
data, penyajian data, verificasi data. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian lapangan (field research).
Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini: 1. Manajemen pendistribusian dana
zakat, infaq dan sedekah (zis) guna membantu peningkatan pendidikan anak-anak yatim
lembaga amil zakat nasional yatim mandiri lumajang menggunakan 4 fungsi manajemen
yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan. Pendistribusian dana zis
disalurkan melalui 4 program pendidikan yaitu beasiswa yatim mandiri (bestari), sanggar
genius, sanggar Al-Qur'an, dan program alat tulis sekolah (ASA) dana yang tersalurkan
untuk anak-anak yatim yaitu 1.100.000/bulan sedangkan penyaluran dalam satu tahun
berjumlah 124.520.000. Pendistribusian dana zis ini tersalurkan dengan tepat sasaran dan
sesuai dengan rencana, sehingga pendistribusian dana zis lasnaz yatim mandiri lumajang
yang efektif dan efesien. 2. Beberapa faktor manfaat yang diterima untuk peningkatan
pendidikan anak-anak yatim di Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Yatim Mandiri
Lumajang dalam pendistribusian dana ZIS sebagai keberhasilan pendidikan yaitu sebagai
berikut : a. Faktor pengajar laznas yatim mandiri lumajang memberikan fasilitas
pembelajaran dan pembinaan yang kompeten dalam bidangnya sehingga dapat mendidik
dengan baik. b. Faktor karakter berupa pengembangan karakter seperti pendidikan agama
yang didapatkan anak-anak yatim bukan hanya ilmu pendidikan umum namun laznas yatim
mandiri juga memberikan ilmu agama agar membentuk karakter yang berbudi luhur dan
baik. c. Faktor kemampuan yaitu Yatim Mandiri Lumajang memberikan pembimbingan
dalam kemampuan sebagai nilai seseorang nanti saat bekerja dan bermasyarakat.
Kata Kunci : Manajemen Distribusi, Pendidikan, LAZNAS Yatim Mandiri Lumajang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Mr Lukman Minanul Halim
Date Deposited: 31 Oct 2022 02:31
Last Modified: 31 Oct 2022 02:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14186

Actions (login required)

View Item View Item