Internalisasi nilai-nilai Pendidikan Islam melalui Kegiatan Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) Unit IAIN Jember.

HASANAH, IMROATUL (2020) Internalisasi nilai-nilai Pendidikan Islam melalui Kegiatan Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) Unit IAIN Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
IMROATUL HASANAH_T20161151.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

Internalisasi nilai-nilai Pendidikan Islam melalui KegiaPendidikan Islam merupakan kebutuhan yang mendasar yang harus dipenuhi oleh manusia (muslim).Pendidikan merupakan aset paling penting bagi sebuah bangsa. Mahasiswa merupakan salah satu jalan menuju bangsa yang lebih baik. KSR PMI Unit IAIN Jember merupakan sebuah organisasi kemahasiswaan yang berada didalam naungan lembaga Islam dan dalam kegiatannya berorientasi pada nilai-nilai Pendidikan Islam. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahap-tahap internalisasi dalam proses menanamkan nilai-nilai Pendidikan Islam di setiap kegiatan KSR PMI Unit IAIN Jember. Fokus yang peneliti ambil dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana tahap transformasi nilai Pendidikan Islam melalui KSR PMI Unit IAIN Jember?,(2) Bagaimana tahap transaksi nilai Pendidikan Islam melalui KSR PMI Unit IAIN Jember?, (3) Bagaimana tahap transinternalisasi nilai Pendidikan Islam melalui KSR PMI Unit IAIN Jember?. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif jenis penelitian Studi Kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis kualitatif dengan model interaktif Miles Huberman dan Saldana meliputi: kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Sedangkan untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun hasil penelitian ini adalah :(1) Tahap transformasi nilai Pendidikan Islam melalui Kegiatan KSR PMI Unit IAIN Jember ada tiga tahap; Proses penyadaran: Kegiatan Penugasan tim Medis, Hasrat menerima pengaruh:kegiatan tahlilan rutin dan Selektif terhadap pengaruh: kegiatan HUT PMI (Open Donasi). Nilai-nilai Pendidikan Islam: taat, disiplin, dan tanggungjawab, (2) Tahap transaksi nilai Pendidikan Islam melalui Kegiatan KSR PMI Unit IAIN Jember:Tahap compliance(manut): penugasan tim medis, Tahap sedia menanggapi: Tahlilan rutin, dan Tahap puas dalam menanggapi: HUT PMI (Open Donasi), Nilai-nilai pendidikan Islam: syukur, takwa, dan toleransi,(3) Tahap transinternalisasi nilai Pendidikan Islam melalui Kegiatan KSR PMI Unit IAIN Jember: Sikap konsisten: Penugasan tim medis dan Tahlilan rutin, dan Sikap pantang menyerah: HUT PMI (Open Donasi), Nilai pendidikan Islam yang tercermin pada tahap transinternalisasi ini: toleransi, tolong menolong, silaturahmi serta sosial dan kemanusiaan.tan Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) Unit IAIN Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 28 Oct 2022 08:01
Last Modified: 28 Oct 2022 08:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14198

Actions (login required)

View Item View Item