Peran Serta Masyarakat Dalam Pembiayaan Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Satu Atap (SA) Miftahul Ulum Panti Jember Tahun Pelajaran 2018/2019

Lestari, Yayuk (2020) Peran Serta Masyarakat Dalam Pembiayaan Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Satu Atap (SA) Miftahul Ulum Panti Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Yayuk Lestari_084143110.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Pembiayaan pendidikan merupakan salah satu instrumental input yang penting dalam Pembiayaan pendidikan merupakan salah satu instrumental input yang penting dalam penyelenggaraan pendidikan. Pembiayaan pendidikan yang lemah akan menjadi penghambat bagi peningkatan kualitas pendidikan sehingga perlu dilakukan upaya penguatan pembiayaan pendidikan. Peran serta masyarakat dinilai tepat bagi penguatan pembiayaan pendidikan sebagai bentuk demokrasi berkeadilan yang bermakna bahwa masyarakat berhak untuk mendapatkan pendidikan yang bermutu dan berkewajiban dalam penyediaan dana. Lembaga pendidikan harusnya memiliki kemampuan untuk melibatkan masyarakat dalam pembiayaan pendidikan. MTs SA Miftahul Ulum sebagai lembaga pendidikan Islam dalam pembiayaan pendidikannya mampu melibatkan partisipasi masyarakat secara aktif, baik berupa dana maupun daya, pikiran, tenaga atau sumbangan lainnya. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana peran serta masyarakat dalam perencanaan pembiayaan pendidikan di MTs SA Miftahul Ulum?; 2) Bagaimana peran serta masyarakat dalam pelaksanaan pembiayaan pendidikan di MTs SA Miftahul Ulum?; 3) Bagaimana peran serta masyarakat dalam evaluasi pembiayaan pendidikan di MTs SA Miftahul Ulum?. Sedangkan tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi peran serta masyarakat dalam pembiayaan pendidikan di MTs SA Miftahul Ulum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan model deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang bersifat menggambarkan, menuturkan dan menafsirkan data yang ada dan menghasilkan data deskriptif yang berupa data tertulis atau lisan dari informan dan data tersebut bersifat pernyataan. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Dan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tekhnik. Adapun hasil dari penelitian ini: 1) Peran serta masyarakat dalam perencanaan pembiayaan pendidikan yaitu masyarakat ikut serta dalam penyusunan anggaran kegiatan madrasah dan kebutuhan pengembangan madrasah baik jangka pendek atau panjang, rancangan yang disusun berupa penerimaan dan pengeluaran yang akan digunakan dalam melaksanakan kegiatan madrasah; 2) Peran serta masyarakat dalam pelaksanaan pembiayaan mengajukan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) serta Infaq dari masyarakat setiap bulan Rp. 15.000 serta bantuan berupa tenaga dan barang; 3) Peran serta masyarakat dalam evaluasi pembiayaan pendidikan yaitu masyarakat ikut serta melihat ekspektasi biaya masuk dan rasio pengeluarannya berupa LPJ. Hal ini dilakukan agar menambah kepercayaan masyarakat terhadap lembaga itu sendiri. pendidikan. Pembiayaan pendidikan yang lemah akan menjadi penghambat bagi peningkatan kualitas pendidikan sehingga perlu dilakukan upaya penguatan pembiayaan pendidikan. Peran serta masyarakat dinilai tepat bagi penguatan pembiayaan pendidikan sebagai bentuk demokrasi berkeadilan yang bermakna bahwa masyarakat berhak untuk mendapatkan pendidikan yang bermutu dan berkewajiban dalam penyediaan dana. Lembaga pendidikan harusnya memiliki kemampuan untuk melibatkan masyarakat dalam pembiayaan pendidikan. MTs SA Miftahul Ulum sebagai lembaga pendidikan Islam dalam pembiayaan pendidikannya mampu melibatkan partisipasi masyarakat secara aktif, baik berupa dana maupun daya, pikiran, tenaga atau sumbangan lainnya. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana peran serta masyarakat dalam perencanaan pembiayaan pendidikan di MTs SA Miftahul Ulum?; 2) Bagaimana peran serta masyarakat dalam pelaksanaan pembiayaan pendidikan di MTs SA Miftahul Ulum?; 3) Bagaimana peran serta masyarakat dalam evaluasi pembiayaan pendidikan di MTs SA Miftahul Ulum?. Sedangkan tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi peran serta masyarakat dalam pembiayaan pendidikan di MTs SA Miftahul Ulum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan model deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang bersifat menggambarkan, menuturkan dan menafsirkan data yang ada dan menghasilkan data deskriptif yang berupa data tertulis atau lisan dari informan dan data tersebut bersifat pernyataan. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Dan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tekhnik. Adapun hasil dari penelitian ini: 1) Peran serta masyarakat dalam perencanaan pembiayaan pendidikan yaitu masyarakat ikut serta dalam penyusunan anggaran kegiatan madrasah dan kebutuhan pengembangan madrasah baik jangka pendek atau panjang, rancangan yang disusun berupa penerimaan dan pengeluaran yang akan digunakan dalam melaksanakan kegiatan madrasah; 2) Peran serta masyarakat dalam pelaksanaan pembiayaan mengajukan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) serta Infaq dari masyarakat setiap bulan Rp. 15.000 serta bantuan berupa tenaga dan barang; 3) Peran serta masyarakat dalam evaluasi pembiayaan pendidikan yaitu masyarakat ikut serta melihat ekspektasi biaya masuk dan rasio pengeluarannya berupa LPJ. Hal ini dilakukan agar menambah kepercayaan masyarakat terhadap lembaga itu sendiri.Pembiayaan pendidikan merupakan salah satu instrumental input yang penting dalam penyelenggaraan pendidikan. Pembiayaan pendidikan yang lemah akan menjadi penghambat bagi peningkatan kualitas pendidikan sehingga perlu dilakukan upaya penguatan pembiayaan pendidikan. Peran serta masyarakat dinilai tepat bagi penguatan pembiayaan pendidikan sebagai bentuk demokrasi berkeadilan yang bermakna bahwa masyarakat berhak untuk mendapatkan pendidikan yang bermutu dan berkewajiban dalam penyediaan dana. Lembaga pendidikan harusnya memiliki kemampuan untuk melibatkan masyarakat dalam pembiayaan pendidikan. MTs SA Miftahul Ulum sebagai lembaga pendidikan Islam dalam pembiayaan pendidikannya mampu melibatkan partisipasi masyarakat secara aktif, baik berupa dana maupun daya, pikiran, tenaga atau sumbangan lainnya. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana peran serta masyarakat dalam perencanaan pembiayaan pendidikan di MTs SA Miftahul Ulum?; 2) Bagaimana peran serta masyarakat dalam pelaksanaan pembiayaan pendidikan di MTs SA Miftahul Ulum?; 3) Bagaimana peran serta masyarakat dalam evaluasi pembiayaan pendidikan di MTs SA Miftahul Ulum?. Sedangkan tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi peran serta masyarakat dalam pembiayaan pendidikan di MTs SA Miftahul Ulum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan model deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang bersifat menggambarkan, menuturkan dan menafsirkan data yang ada dan menghasilkan data deskriptif yang berupa data tertulis atau lisan dari informan dan data tersebut bersifat pernyataan. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Dan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tekhnik. Adapun hasil dari penelitian ini: 1) Peran serta masyarakat dalam perencanaan pembiayaan pendidikan yaitu masyarakat ikut serta dalam penyusunan anggaran kegiatan madrasah dan kebutuhan pengembangan madrasah baik jangka pendek atau panjang, rancangan yang disusun berupa penerimaan dan pengeluaran yang akan digunakan dalam melaksanakan kegiatan madrasah; 2) Peran serta masyarakat dalam pelaksanaan pembiayaan mengajukan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) serta Infaq dari masyarakat setiap bulan Rp. 15.000 serta bantuan berupa tenaga dan barang; 3) Peran serta masyarakat dalam evaluasi pembiayaan pendidikan yaitu masyarakat ikut serta melihat ekspektasi biaya masuk dan rasio pengeluarannya berupa LPJ. Hal ini dilakukan agar menambah kepercayaan masyarakat terhadap lembaga itu sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 28 Oct 2022 08:01
Last Modified: 28 Oct 2022 08:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14204

Actions (login required)

View Item View Item