Analisis penerapan PSAK No. 109 dalam penyusunan laporan keuangan pada BAZNAS Kota Probolinggo

Lutfiyana, Rika (2022) Analisis penerapan PSAK No. 109 dalam penyusunan laporan keuangan pada BAZNAS Kota Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SHIDDIQ JEMBER.

[img] Text
RIKA LUTFIYANA (E20183016).pdf

Download (3MB)

Abstract

Rika Lutfiyana, M.F Hidayatullah S.H.I., M.S.I., 2022:Analisis Penerapan PSAK No. 109 Dalam Penyusunan Laporan Keuangan Pada BAZNAS Kota Probolinggo.

Badan Amil Zakat merupakan salah satu entitas nirlaba yang bertujuan untuk mengelola zakat dan menyalurkannya kepada pihak yang membutuhkan juga menerapkan akuntansi dalam pencatatan transaksinya sehari-hari yang pada akhirnya akan menghasilkan suatu informasi. Pemberlakuan PSAK No. 109 diharapkan dapat terwujudnya keseragaman pelaporan dan kesederhanaan pencatatan sehingga public dapat membaca laporan keuangan yang disusun oleh OPZ serta mengawasinya.

Fokus penelitian pada penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana penyusunan laporan keuangan yang disusun oleh BAZNAS Kota Probolinggo?. 2) Bagaimana kesesuaian laporan keuangan BAZNAS Kota Probolinggo dengan PSAK No. 109?. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui penyusunan laporan keuangan yang disusun oleh BAZNAS Kota Probolinggo. 2) Untuk mengetahui kesesuaian laporan keuangan BAZNAS kota Probolinggo dengan PSAK No. 109.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Penentuan subyek penelitian dengan menggunakan teknik purposive dan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan keabsahan data menggunakan triangulasi metode.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) BAZNAS Kota Probolinggo telah menerapkan siklus akuntansi dalam menyusun laporan keuangannya dan disesuaikan dengan kebutuhan BAZNAS Kota Probolinggo, selain itu BAZNAS Kota Probolinggo juga telah berpedoman pada PSAK No. 109 sehingga pembaca dapat mengawasi pengakuan, penyajian dan pengungkapan keuangan BAZNAS Kota Probolinggo. 2) Keseuaian laporan keuangan BAZNAS Kota Probolinggo dengan PSAK No. 109 dalam proses pengakuan, pengukuran, dan penyajian telah sesuai dengan PSAK No. 109. Namun terdapat sedikit hal yang belum sesuai dengan pengakuan dan pengungkapan dalam PSAK No. 109 dengan laporan keuangan yang telah dibuat BAZNAS yaitu BAZNAS Kota Probolinggo tidak menerima aset non kas sehingga tidak mengakui adanya penerimaan aset non kas dan tidak mengungkapkan hubungan pihak-pihak yang berelasi antara amil dan mustahik ZIS.

Kata Kunci: PSAK No. 109, BAZNAS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150101 Accounting Theory and Standards
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150103 Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Ms Perpustakaan Rika Lutfiyana
Date Deposited: 31 Oct 2022 02:26
Last Modified: 31 Oct 2022 02:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14208

Actions (login required)

View Item View Item