Penerapan PSAK 109 tentang Pelaporan Akuntansi Keuangan Zakat , Infak / Shadaqah pada Masjid Roudhotul Muchlisin Jember.

Widiana, Nadia Okta (2020) Penerapan PSAK 109 tentang Pelaporan Akuntansi Keuangan Zakat , Infak / Shadaqah pada Masjid Roudhotul Muchlisin Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Nadia Okta Widiana_E20163005.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

Penerapan PSAK 109 tentang Pelaporan Akuntansi Keuangan Zakat, Infak / Shadaqah pada Masjid Roudhotul Muchlisin Jember dimana neraca, laporan perubahan aset kelolaan, laporan arus kas, dan catatan atas laporan keuangan yang berpedoman pada PSAK yang dibuat oleh Ikatan Akuntan Indonesia tahun 2011 tentang Pelaporan Akuntansi Zakat, Infak / Shadaqah pada Masjid Roudhotul Muchlisin tidak berjalan dengan baik dikarenakan tidak adanya sumber manusia yang paham mengenai ilmu akuntansi. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1). Bagaimana Penerapan PSAK 109 tentang Pelaporan Akuntansi Keuangan Zakat, Infak / Shadaqah pada Masjid Roudhotul Muchlisin Jember. 2). Apa saja kendala dalam Penerapan PSAK 109 tentang Pelaporan Akuntansi Keuangan Zakat, Infak / Shadaqah pada Masjid Roudhotul Muchlisin Jember. Penelitian ini bertujuan untuk : 1). Untuk mengetahui bagaimana Penerapan PSAK 109 tentang Pelaporan Akuntansi Keuangan Zakat, Infak / Shadaqah pada Masjid Roudhotul Muchlisin Jember. 2). Untuk mengetahui apa saja dalam Penerapan PSAK 109 tentang Pelaporan Akuntansi Keuangan Zakat, Infak / Shadaqah pada Masjid Roudhotul Muchlisin Jember. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Penentuan objek penelitian menggunakan tekhnik purposive sampling dan tekhnik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi, analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan verifikasi data dan keabsahan data melalui triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya penelitian yang dilakukan melalui prinsip Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan berupa laporan posisi keuangan, laporan perubahan dana, laporan perubahan aset kelolaan, laporan arus kas dan catatan atas laporan keuangan yang berpedoman pada PSAK 109 tahun 2011. 1). Bentuk laporan keuangan zakat, infak, shadaqah pada Masjid Roudhotul Muchlisin hanya berupa pemasukan dan pengeluaran yang dilakukan oleh Bendahara Masjid Roudhotul Muchlsin dan tidak berpedoman pada PSAK 109. 2). Tidak merekrut tenaga kerja baru yang ahli dalam bidang akuntansi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 31 Oct 2022 01:42
Last Modified: 31 Oct 2022 01:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14229

Actions (login required)

View Item View Item