Studi Pengamalan Istighosah Waqi’ah dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri saat Bekerja pada Masyarakat di Desa Kesilir Kecamatan Siliragung Banyuwangi.

HAMIDAH, LAILIA NUR (2019) Studi Pengamalan Istighosah Waqi’ah dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri saat Bekerja pada Masyarakat di Desa Kesilir Kecamatan Siliragung Banyuwangi. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
LAILIA NUR HAMIDAH_D20153039.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

Mencari rezeki merupakan salah satu kewajiban manusia sebagai upaya mempertahankan kehidupannya. Bekerja merupakan suatu pokok pekerjaan yang harus dilakukan oleh setiap orang untuk menghidupi dirinya dan keluarganya. Namun kenyataannya masih banyak orang yang bekerja ekstra hingga meninggalkan kewajiban-kewajiban transendentalnya. Dalam hal ini perlu adanya penerapan keyakinan dan kepercayaan diri dalam bekerja tanpa harus meninggalkan kebutuhan spiritual serta kewajiban-kewajiban transendentalnya. Salah satu upaya yang dilakukan oleh masyarakat di Desa Kesilir Kecamatan Siliragung adalah melalui pengamalan istighosah waqi’ah setiap satu bulan sekali yang dilaksanakan setiap malam jum’at legi di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Darussyafa’ah. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pengamalan istighosah waqi’ah dalam meningkatkan kepercayaan diri saat bekerja? 2) Apa saja yang dibaca dalam pengamalan istighosah waqi’ah dalam meningkatkan kepercayaan diri saat bekerja? Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan pengamalan istighosah waqi’ah dalam meningkatkan kepercayaan diri saat bekerja pada masyarakat serta menguraikan apa saja yang dibaca dalam pengamalan istighosah waqi’ah. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, obervasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan Fadhilah utama yang diperoleh dari kegiatan istighosah adalah kekuatan iman dan rasa tawakkal yang semakin mendalam pada diri masyarakat dengan kekuatan iman yang dimiliki menanamkan keyakinan pada diri khususnya pada proses pencarian rezeki dan menimbulkan ketentraman saat bekerja. Dengan demikian akan timbul kepercayaan diri pada saat bekerja. Pengamalan istighosah waqi’ah yang diikuti oleh seluruh santri dan sebagian masyarakat di Desa Kesilir ini melalui sanad yang turun temurun melalui proses baiat atau pemberian ijazah dari sang guru untuk kemudian dapat diamalkan. Bacaan-bacaan yang dibaca di dalamnya mengandung makna jalbu rizki atau do’a agar senantiasa didekatkan dengan rezeki srta dimudahkan segala urusan. Kepercayaan diri yang sering diartikan sebagai bentuk penrimaan terhadap kondisi dirinya sendiri terlepas dari kondisi positif atau negatif serta dapat memanfaatkan potensi dirinya dengan baik. Hal ini juga dapat diraih dengan mengamalkan Surat Al-Waqi’ah secara rutin sehingga dapat meningkatkan kualitas diri dan terbentuklah kepercayaan diri dengan baik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 31 Oct 2022 02:03
Last Modified: 31 Oct 2022 02:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14238

Actions (login required)

View Item View Item