Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Zakat Community Development (ZCD) di Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Lumajang.

NULLAH, ZAI (2020) Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Zakat Community Development (ZCD) di Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Lumajang. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
ZAINULLAH_S20165031.pdf - Submitted Version

Download (1MB)

Abstract

Salah satu program nasional dalam rangka pendayagunaan zakat adalah program Zakat Community Development (ZCD) yang lebih menitik beratkan pada aspek kemandirian dan pengembangan potensi masyarakat, sehingga pada gilirannya akan tercapai tujuan dari pengelolaan zakat itu sendiri. Dalam skripsi ini terdapat fokus penelitian yaitu sebagai berikut: 1. Bagaimana pemberdayaan Zakat Community Development (ZCD) di BAZNAS Kabupaten Lumajang?. 2. Apa saja kendala yang dihadapi BAZNAS Kabupaten Lumajang dalam pemberdayaan masyarakat Zakat Community Development (ZCD)?. 3. Bagaimana solusi BAZNAS Kabupaten Lumajang dalam memberdayakan Zakat Community Development ?. Sehingga penelitian ini memiliki tujuan berupa: 1. Mendiskripsikan pemberdayaan Zakat Community Development di BAZNAS Kabupaten Lumajang. 2. Mendiskripsikan kendala BAZNAS Kabupaten Lumajang dalam pemberdayaan Zakat Community Development (ZCD). 3. Mendiskripsikan solusi BAZNAS Kabupaten Lumajang dalam memberdayakan Zakat Community Development (ZCD). Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi lapangan (Field Study) adalah salah satu proses kegiatan pengungkapan fakta melalui observasi/pengamatan dan wawancara dalam proses memperoleh keterangan atau data dengan cara langsung terjun kelapangan. Kesimpulan: 1) pemberdayaan masyarakat/mustahik yang diberdayakan melalui program Zakat Community Development (ZCD) sangatlah potensial dalam hal memberantas kemiskinan dan mengangkat derajatnya, apalagi bisa diterapkan di semua wilayah yang ada di lumajang, disamping juga bisa mengakomodir masyarakat kecil dengan baik, bisa juga membangkitkan potensi motivasi bahwa mustahik juga bisa menjadi muzakki, dengan cara menerapkan program Zakat Community Development (ZCD) ini. 2) kendala yang dihadapi manajemen yang kurang baik, baik itu berupa laporan keuangan maupun laporan kegiatan. Serta kurangnya koordinasi. Baik internal maupun eksternal. 3) solusinya adalah mengembangkan kembali sistem manajemen yang ada baik itu laporan keuangan maupun laporan kegiatan, serta memperbaiki koordinasi dengan baik, baik itu koordinasi secara internal maupun eksternal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 31 Oct 2022 02:07
Last Modified: 31 Oct 2022 02:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14241

Actions (login required)

View Item View Item