Manajemen Pembinaan Akhlak Santriwati Melalui Pengajian Kitab Ta’limul Muta’allim Di Pondok Pesantren Mabdaul Ma’arif Jombang Jember.

ROSIKHO, WARDATUR (2019) Manajemen Pembinaan Akhlak Santriwati Melalui Pengajian Kitab Ta’limul Muta’allim Di Pondok Pesantren Mabdaul Ma’arif Jombang Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
WARDATUR ROSIKHO_D20154011.pdf - Submitted Version

Download (7MB)

Abstract

Dunia pada saat ini berada ditengah era globalisasi. Dampak negatif dari era globalisasi salah satunya yakni terjadinya perubahan pada akhlak manusia. Dalam hal ini, umat Islam dituntut berperan aktif untuk melakukan pembenahan hal-hal yang menjadi masalah bagi umat, salah satu yang berperan dalam pembenahan yaitu melalui dakwah Islam. Salah satu contoh dakwah Islam yakni pondok pesantren. Pondok pesantren perlu adanya manajemen untuk mengatur dan menjalankan aktivitasnya sesuai dengan tujuan-tujuannya. Dengan adanya manajemen, maka terdapat mekanisme yang menjamin untuk menyelesaikan kewajiban dan mendapatkan hasil baru sesuai dengan proses yang teratur. Adapun fokus penelitian yang dibahas dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana perencanaan pembinaan akhlak santriwati melalui pengajian kitab Ta’limul Muta’allim di pondok pesantren Mabdaul Ma’arif Jombang Jember? 2) Bagaimana pengimplementasian pembinaan akhlak santriwati melalui pengajian kitab Ta’limul Muta’allim di pondok pesantren Mabdaul Ma’arif Jombang Jember? 3) Bagaimana pengendalian pembinaan akhlak santriwati melalui pengajian kitab Ta’limul Muta’allim di pondok pesantren Mabdaul Ma’arif Jombang Jember?. Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan perencanaan, pengimplementasian dan pengendalian pembinaan akhlak santriwati melalui pengajian kitab Ta’limul Muta’allim di pondok pesantren Mabdaul Ma’arif Jombang Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitiannya menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian yang telah peneliti temukan adalah sebagai berikut: 1) Perencanaan pembinaan akhlak santriwati melalui pengajian kitab Ta’limul di pondok pesantren Mabdaul Ma’arif dilakukan dengan: a) Menetapkan tujuan; b) Merumuskan keadaan santriwati; c) Menentukan segala kesulitan dan kekuatan; d) Mengembangkan rencana. Dan proses pengorganisasian yang dilakukan yakni dengan menyusun struktur kepengurusan secara spesifik meliputi dua aspek yaitu a) Departementalisasi; b) Pembagian tugas. 2) Pengimplementasian pembinaan akhlak santriwati melalui pengajian kitab Ta’limul Muta’allim di pondok pesantren Mabdaul Ma’arif diantaranya: Santriwati dapat menjalankan tanggung jawabnya sebagai seorang santri dengan penuh kesadaran sesuai nilai-nilai yang terkandung dalam kitab Ta’limul Muta’allim. 3) Pengendalian (controlling) pembinaan akhlak santriwati melalui pengajian kitab Ta’limul Muta’allim terdapat dua jenis, yakni: a) pengendalian khusus b) pengendalian umum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 31 Oct 2022 02:22
Last Modified: 31 Oct 2022 02:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14243

Actions (login required)

View Item View Item