Urgensi Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Multietnik Perspektif Tokoh Agama Islam dan Budayawan di Jember.

HERLIANI, RIFKA (2020) Urgensi Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Multietnik Perspektif Tokoh Agama Islam dan Budayawan di Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
RIFKA HERLIANI_T20161237.pdf - Submitted Version

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kepekaan guru PAI dalam merespon isu-isu aktual dan kontemporer, dan kurangnya pembahasan mengenai topik keragaman, toleransi, dan demokrasi. Padahal Jember merupakan kota multietnik yang rawan konflik. Terbukti dari beberapa konflik yang terjadi seperti konflik akibat doktrinasi kelompok Salafi-Wahabi, dan konflik menolak paham radikalisme. Fokus penelitian yang diteliti di dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana konsep pembelajaran PAI berbasis multietnik perspektif tokoh agama Islam dan budayawan di Jember? 2) Apa urgensi pelaksanaan pembelajaran PAI berbasis multietnik perspektif tokoh agama Islam dan budayawan di Jember? 3) Bagaimana implikasi pelaksanaan pembelajaran PAI berbasis multietnik perspektif tokoh agama Islam dan budayawan di Jember? Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mendeskripsikan konsep pembelajaran PAI berbasis multietnik perspektif tokoh agama Islam dan budayawan di Jember, 2) Mendeskripsikan urgensi pelaksanaan pembelajaran PAI berbasis multietnik perspektif tokoh agama Islam dan budayawan di Jember, 3) Mendeskripsikan implikasi pelaksanaan pembelajaran PAI berbasis multietnik perspektif tokoh agama Islam dan budayawan di Jember. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara bebas terpimpin dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data, merujuk pada teori Miles dan Huberman. Untuk membuktikan keabsahan data tersebut, menggunakan teknik triangulasi sumber. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Konsep pembelajaran PAI berbasis multietnik perspektif tokoh agama Islam dan budayawan di Jember adalah pembelajaran yang dapat mengakomodasi antara ajaran agama Islam dan multietnik dengan prinsip keberagaman merupakan sunnatu Alla>hi. Pembelajaran dilaksanakan dengan menyajikan konsep Islam rah{matan lil-‘a>lami>n dan h{ablun min al-na>s untuk memberikan pemahaman yang wasat}iyah kepada siswa, serta bertujuan menjadikan manusia yang survive di tengah heterogenitas, 2) Urgensi pelaksanaan pembelajaran PAI berbasis multietnik perspektif tokoh agama Islam dan budayawan di Jember yaitu perkembangan zaman menjadikan heterogenitas semakin kompleks, penyebaran paham radikalisme semakin masif, terdapat penafsiran agama dan budaya yang kaku, terdapat kelompok fanatik yang merebutkan kebenaran tunggal, dan nilai-nilai toleransi dan demokrasi belum terekam dalam diri siswa, 3) Implikasi pelaksanaan pembelajaran PAI berbasis multietnik perspektif tokoh agama Islam dan budayawan adalah menjadikan siswa sebagai pribadi yang inklusif, humanis, fleksibel, ummatan wasat{an, dialektis terhadap doktrin yang ekstrim, senantiasa menciptakan kerukunan dan keharmonisan, serta memudahkan pencapaian tujuan nasional pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 31 Oct 2022 02:22
Last Modified: 31 Oct 2022 02:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14244

Actions (login required)

View Item View Item