Implementasi Program PERSAMI (Pesantren Sabtu-Minggu) dalam Penguatan Pemahaman Agama Siswa Non Pesantren di SMA Plus Al-Azhar Jember

Nurkholizah, Umrotun (2020) Implementasi Program PERSAMI (Pesantren Sabtu-Minggu) dalam Penguatan Pemahaman Agama Siswa Non Pesantren di SMA Plus Al-Azhar Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Umrotun Nurkholizah_T20161168.pdf - Submitted Version

Download (6MB)

Abstract

Pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang mempunyai ciri khas asrama atau pondok dan kitab kuning sebagai kajian utama. Kultur pesantren banyak dijadikan panutan bagi lembaga pendidikan lain dalam proses belajarmengajarnya, sebab para alumninya berperan banyak dalam sistem sosial kemasyarakatan. Ciri lain yang juga tidak bisa dilepaskan dari pesantren adalah kyai, santri, dan masjid. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penguatan pemahaman akidah bagi siswa non pesantren melalui program PERSAMI?, 2) Bagaimana penguatan pemahaman ibadah bagi siswa non pesantren melalui program PERSAMI?, 3) Bagaimana penguatan pemahaman akhlak bagi siswa non pesantren melalui program PERSAMI? Tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk mendeskripsikan penguatan pemahaman akidah bagi siswa non pesantren melalui program PERSAMI, 2) untuk mendeskripsikan penguatan pemahaman ibadah bagi siswa non pesantren melalui program PERSAMI, 3) untuk mendeskripsikan penguatan pemahaman akhlak bagi siswa non pesantren melalui program PERSAMI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Analisis dataselama di lapangan yang digunakan adalah analisis data model Spradley, yang menggunakan 4 tahap dalam pelaksanaannya, yaitu analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponensial dan analisis tema. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: 1) Program PERSAMI memberi penguatan pemahaman akidah siswa non pesantren melalui salah satu kegiatan pada sore hari, yaitu melalui pendalaman materi-materi agama, seperti rukun iman, tata cara bersuci dan materi tahlil, berdoa diawal dan diakhir pembelajaran, serta ceramah oleh pembina PERSAMI, dan pada kegiatan malam, yaitu pembacaan rotibul haddad, sholawatan dan ceramah oleh kyai. 2) program PERSAMI memberi penguatan pemahaman siswa dalam hal ibadah, berupa pemberian materi serta dilanjutkan dengan praktek ibadah, seperti wudhu' dan sholat, serta saat kegiatan malam, siswa bersama-sama dengan warga pesantren melakukan pembiasaan sholat wajib berjamaah, sholat sunnah berjamaah, dan membaca Al-Qur'an, 3) Program PERSAMI memberi penguatan pemahaman akhlak siswa non pesantren, penanamannya dilakukan baik secara implisit maupun eksplisit, akhlak kepada Allah Swt., akhlak kepada guru, akhlak kepada orangtua dan akhlak kepada sesama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 31 Oct 2022 02:22
Last Modified: 31 Oct 2022 02:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14245

Actions (login required)

View Item View Item