MENANAMKAN NILAI KARAKTER KEJUJURAN MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL GOBAG SODOR PADA KELOMPOK B RAUDHATUL ATHFAL AL USMANI DESA SUMBER WRINGIN KECAMATAN SUKOWONO KABUPATEN JEMBER

Chairoh, Himmatul MENANAMKAN NILAI KARAKTER KEJUJURAN MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL GOBAG SODOR PADA KELOMPOK B RAUDHATUL ATHFAL AL USMANI DESA SUMBER WRINGIN KECAMATAN SUKOWONO KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Himmatul Chairoh_T20165106.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan karakter adalah sebuah usaha untuk mendidik anak agar dapat mengambil keputusan dengan bijak dan mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga mereka dapat memberikan kontribusi yang positif kepada lingkungannya. Kejujuran adalah kesadaran apa yang benar dan tepat dalam peran seseorang, perilaku seseorang, dan satu hubungan. Dengan kejujuran, tidak ada kemunafikan atau kepalsuan yang menciptakan kebingungan dan ketidakpercayaan dalam pikiran dan kehidupan orang lain. karakter jujur dapat dilakukan melalui perkataan, tindakan, serta kegiatan spontan saat guru mengetahui perilaku siswa yang baik dan kurang baik melalui permainan tradisional gobag sodor. Fokus masalah yang di teliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagimana Menanamkan nilai karakter kejujuran dalam perkataan melalui permainan tradisional gobag sodor pada kelompok B RA Al Usmani Sumberwringi Sukowono? 2) Bagimana Menanamkan nilai karakter kejujuran dalam tindakan melalui permainan tradisional gobag sodor pada kelompok B RA Al Usmani Sumberwringi Sukowono? Tujuan peneliti ini adalah ingin mengetahui penanaman nilai karakter kejujuran dalam perkataan melalui permainan tradisional gobag sodor pada kelompok B dan ingin mengetahui penanaman nilai karakter kejujuran dalam tindakan melalui permainan permainan tradisional gobag sodor pada kelompok B di RA Al Usmani. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun penentuan subyek penelitiannyamenggunakan teknik purposive, dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya dianlisis menggunakan analisis deskriptif dengan menggunakan analisis model miles dan Hubberman yaitu kondensasi data, penyajian dan kesimpulan. Untuk menguji keabsahaan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian dapat disimpulkan (1) menanamkan nilai karakter kejujuran dalam perkataan dilaksanakan dengan (a) tidak berbohong (b) Mampu menyampaikan kebenaran (c) Mampu mengakui kesalahan. (2) Menanamkan nilai karakter kejujuran dalam tindakan melalui permainan tradisional gobag sodor pada kelompok B RA Al Usmani Sumberwringi Sukowono dilaksanakan dengan (a) Bertindak secara terhormat (b) Bertekad atau inisiasi keputusan contohnya memiliki nilai guna bagi masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 31 Oct 2022 02:34
Last Modified: 31 Oct 2022 02:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14246

Actions (login required)

View Item View Item