Pola Interaksi Sosial Antar Teman Sebaya Pada Anak Kelompok B di Raudhatul Athfal Ash-Shofinniyah Pringgowirawan Sumberbaru Jember

DWI LESTARI, MARIANA (2020) Pola Interaksi Sosial Antar Teman Sebaya Pada Anak Kelompok B di Raudhatul Athfal Ash-Shofinniyah Pringgowirawan Sumberbaru Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
MARIANA DWI LESTARI_T20165058.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Kemampuan keterampilan sosial sangat penting untuk anak usia dini, hal ini akan menjadi bekal saat anak memasuki dunia pergaulan yang lebih luas, dimana interaksi teman-teman dan lingkungan sosial akan mempengaruhi kehidupannya. Kurangnya kemampuan berinteraksi sosial akan menyebabkan rasa rendah diri, kenakalan, dan dijauhi dalam pergaulan. Oleh karena itu, interaksi sosial antar teman sebaya memiliki peranan penting dalam penyesuaian diri remaja, dan persiapan bagi kehidupan dimasa mendatang serta berpengaruh pula terhadap pandangan dan perilakunya. Sebab pada umur tersebut, anak sedang berusaha untuk menemukan pola yang khas bagi dirinya dan belajar mandiri tidak tergantung pada orang tua Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) bagaimana pola interaksi sosial aspek kerjasama antar teman sebaya pada anak kelompok B di Raudhatul Athfal Ash-Shofinniyah Pringgowirawan Sumberbaru Jember? 2) bagaimana pola interaksi sosial aspek menghargai antar teman sebaya pada anak kelompok B di Raudhatul Athfal Ash-Shofinniyah Pringgowirawan Sumberbaru Jember? 3) bagaimana pola interaksi sosial aspek berbagi antar teman sebaya pada anak kelompok B di Raudhatul Athfal Ash-Shofinniyah Pringgowirawan Sumberbaru Jember? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini berbentuk penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini di Raudhatul Athfal Ash-Shofinniyah Pringgowirawan Sumberbaru Jember. Penentuan informan menggunakan: teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi partisipan, wawancara tak berstruktur, dan dokumen. Adapun analisis data menggunakan: data reduction, data display, dan verification. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi tehnik. Penelitian ini menghasilkan: 1) pola interaksi sosial aspek kerjasama antar teman sebaya pada anak kelompok B dilakukan dengan cara belajar sambil bermain. Melalui berbagai permainan yang mendidik, guru berusaha melatih anak untuk melakukan proses interaksi sosial antar sesama, mengupayakan anak belajar memiliki sikap tolong menolong, sikap terbuka dalam menerima kehadiran orang lain. 2) Pola interaksi sosial aspek menghargai antar teman sebaya pada anak kelompok B dilakukan dengan cara memberi contoh anak untuk bisa menghargai perilaku temannya, guru, orang tua, dan orang lain. Selain itu, para guru juga menanamkan sikap menghargai kelebihan kemampuan yang dimiliki teman sebayanya dalam kontes apapun. 3) Pola interaksi sosial aspek berbagi antar teman sebaya pada anak kelompok B yaitu guru sebagai sosok panutan akademis bagi anak didik memberi contoh sikap berbagi kepada anak didik. Adapun bentuk-bentuk upaya yang dilakukan guru dalam rangka meningkatkan kemampuan sosial anak pada aspek berbagi yaitu dengan memberikan contoh perbuatan untuk tidak saling berebut peran dalam bermain bersama, memberi contoh anak untuk bisa berbagi peran siapa yang menjadi ketua kelompok dan siapa yang menjadi anggota.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 31 Oct 2022 02:34
Last Modified: 31 Oct 2022 02:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14247

Actions (login required)

View Item View Item