Upaya Guru Agama Islam dalam Meningkatkan Hafalan Ayat Al-Quran dan Hadits Tentang Akhlak Siswa Melalui Pemberian Kata Kunci di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Bustanul Makmur Genteng

HASANAH, KHARISMA (2020) Upaya Guru Agama Islam dalam Meningkatkan Hafalan Ayat Al-Quran dan Hadits Tentang Akhlak Siswa Melalui Pemberian Kata Kunci di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Bustanul Makmur Genteng. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
KHARISMA HASANAH_T20161171.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

Upaya Guru Agama Islam dalam meningkatkan hafalan ayat Al-Quran dan hadits tentang akhlak melalui pemberian kata kunci di SMP Bustanul Makmur Genteng ada dua, yakni pemberian kata kunci dan penerimaan setoran. Adapun kata kunci yang diberikan berupa ayat Al-Quran dan hadits tentang akhlak. Hal tersebut dikarenakan kata kunci tersebut akan lebih mudah diterapkan dikehidupan sehari-hari siswa dan secara tidak langsung akan berdampak kepada karakter siswa. Pemberian kata kunci dilakukan di masjid sebelum siswa pulang sekolah. Penerimaan setoran dilakukan sebelum siswa memasuki gerbang sekolah. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: (1) bagaimana upaya Guru Agama Islamdalam meningkatkan hafalan ayat Al-Quran tentang akhlak siswa melalui pemberian kata kunci di SMP Bustanul Makmur Genteng? (2) bagaimana upaya Guru Agama Islamdalam meningkatkan hafalan hadits tentang akhlak siswa melalui pemberian kata kunci di SMP Bustanul Makmur Genteng? Metode yang digunakan peneliti yakni penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan yakni kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis data menurut Miles dan Huberman. Sedangkan keabsahan datanya menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Dalam penelitian ini memperoleh kesimpulan: (1) Upaya Guru Agama Islam dalam meningkatkan hafalan Al-Quran tentang akhlak siswa melalui pemberian kata kunci di SMP Bustanul Makmur ada dua yakni pemberian kata kunci berupa ayat Al-Quran tentang akhlak dan penerimaan setoran hafalan. Dalam pemberian kata kunci ayat Al-Quran tentang akhlak ini, Guru Agama Islammelakukan beberapa langkah-langkah seperti tahfidz, tiqrar, talaqqi dan mudarasah. Dilakukan beberapa langkah tersebut, agar siswa bisa lebih mudah untuk menghafalan ayat-ayat Al-Quran tentang akhlak. Dalam penerimaan setoran ini, siswa dapat dikatakan telah hafal ayat tentang akhlak apabila siswa hafal ayat beserta artinya dan betul pelafalan makhorijul huruf dan tajwidnya. (2) Upaya Guru Agama Islamdalam meningkatkan hafalan hadits tentang akhlak siswa melalui pemberian kata kunci di SMP Bustanul Makmur ada dua yakni Pemberian kata kunci berup hadits tentang akhlak dan penerimaan setoran. Hadits akhlak yang diberikan merupakan hadits-hadits yang pendek, bermacam-macam dan berkaitan dengan keseharian siswa karena bertujuan agar siswa lebih mudah untuk menghafal dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Siswa dapat dikatakan hafalan hadits tetang akhlak tersebut apabila siswa lancar dalam menghafal hadits beserta artinya. siswa yang belum lancar akan terus diminta untuk mengulang-ulang hafalannya. Konsekuensinya, apabila ada siswa yang tidak menghafal atau belum lancar hafalannya, maka siswa tersebut tidak diperbolehkan memasuki gerbang sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 31 Oct 2022 02:34
Last Modified: 31 Oct 2022 02:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14248

Actions (login required)

View Item View Item