Strategi Komunikasi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Merdeka Dalam Memperkenalkan Wisata Hablum Minal A’lam Di Desa Andongrejo Tempurejo Jember.

FIRDAUSI, RONI (2020) Strategi Komunikasi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Merdeka Dalam Memperkenalkan Wisata Hablum Minal A’lam Di Desa Andongrejo Tempurejo Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
RONI FIRDAUSI_D20151020.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Wisata disuatu daerah bisa meningkatkan ekonomi masyarakat di daerah tersebut, Realitanya masih bEdit item_ Thesis #14252 - Digital Library UINKHAS Jemberanyak objek wisata yang pengelolaannya tidak di optimalkan dengan baik hal ini bisa dilihat dengan berberapa objek wisata yang semakin hari semakin terbelengkalai, seperti Pantai Bandealit yang terletak di Taman Nasional Meru Betiri di Desa Andongrejo Tempurejo Jember. Di Desa Andongrejo ini terdapat Kelompok Sadar Wisata yang mana, ingin mengoptimalkan dalam pengelolahan dan memperkenalkan wisata-wisata yang ada di Desa Andongrejo. organisasi ini berdiri karena melihat potensi wisata di Desa tersebut berpotensi di jadikan obyek wisata yang bagus, maka dari itu mereka mendirikan organisasi ini dengan tujuan mengelola dan merawat wisata sesuai dengan konsep hablum minal a’lam. Fokus penelitian dalam penelitian adalah: 1) Bagaimana strategi komunikasi kelompok sadar wisata (POKDARWIS) Merdeka dalam memperkenalkan wisata hablum minal a’lam di DesaAndongrejo Tempurejo Jember? 2) Bagaimana strategi komunikasi pokdarwis dalam menghadapi hambatan-hambatan dalam pengelolaan pariwisata? 3) Bagaimana strategi komunikasi kelompok sadar wisata pokdarwis MERDEKA dalam meningkatkan kunjungan wisatawan di Desa Andongrejo?. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) Mendiskripsikan setrategi komunikasi kelompok sadar wisata (POKDARWIS) Merdeka dalam memperkenalkan wisata hablum minal a’lam di Desa Andongrejo Tempurejo Jember. 2) Mendiskripsikan strategi komunikasi pokdarwis dalam menghadapi hambatan-hambatan dalam pengelolaan pariwisata. 3) Mendiskripsikan strategi komunikasi kelompok sadar wisata Pokdarwis Merdeka dalam meningkatkan kunjungan wisatawan di Desa Andongrejo. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, dalam pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara, analisis yang digunakan adalah model analisis data interaktif Miles dan Huberman. Penelitian ini dilakukan di Desa Andongrejo tempurejo Jember mulai tanggal 25 Juni 2019 sampai tanggal 18 Februari 2020. Untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Penelitian ini menghasilkan 1) Strategi komunikasi kelompok sadar wisata merdeka dalam memperkenalkan wisata dengan hablum minal a’lam dengan media sosial dan pamflet. 2) Strategi komunikasi Pokdarwis merdeka dalam menghadapi hambatan hambatan dalam pengelolahan pariwisata dengan mengadakan rapat kordinasi serta melakukan kerjasama dengan organisasi serupa. 3) Upaya yang di lakukan pokdarwis merdeka dalam meningkatkan kunjungan wisata antara lain membuat promo paket wisata serta merevitalisasi wisata

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 31 Oct 2022 02:52
Last Modified: 31 Oct 2022 02:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14252

Actions (login required)

View Item View Item