Pembelajaran Mahfuzhat dalam Membentuk Karakter Peserta Didik dikelas VII Madrasah Tsanawiyah Al- Ishlah Jenggawah Tahun 2019/2020.

MURSIDA, SITI SARIFATUL (2020) Pembelajaran Mahfuzhat dalam Membentuk Karakter Peserta Didik dikelas VII Madrasah Tsanawiyah Al- Ishlah Jenggawah Tahun 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
SITI SARIFATUL MURSIDA_T20161244.pdf - Submitted Version

Download (9MB)

Abstract

Berdasarkan fakta yang ada di Madrasah Tsanawiyah Al-Ishlah Jenggawah. Peserta didik yang baru masuk di bangku Madrasah Tsanawiyah mereka memiliki karakter yang minim, dikarenakan mereka dilatarbelakangi dengan madrasah dan lingkungan yang berbeda. Pembelajaran mahfuzhat diajarkan kepada peserta didik baru guna untuk memperkenalkan kata mutiara, gaya bahasa dan untaian-untaian bijak. Pembelajaran ini dirancang untuk menginternalisasikan nilai-nilai karakter yang ada disetiap bait-bait mahfuzhat kepada peserta didik. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian dalam penelitian ini diantaranya adalah,(1) Bagaimana perencanaan pembelajaran mahfuzhat dalam membentuk karakter peserta didik di kelas VII Madrasah Tsanawiyah Al-Ishlah Jenggawah Tahun Pelajaran 2019/2020? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran mahfuzhat dalam membentuk karakter peserta didik di kelas VII Madrasah Tsanawiyah Al-Ishlah Jenggawah Tahun Pelajaran 2019/2020? (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran mahfuzhat dalam membentuk karakter peserta didik di kelas VII Madrasah Tsanawiyah Al-Ishlah Jenggawah Tahun Pelajaran 2019/2020? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang : Perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran mahfuzhat dalam membentuk karakter peserta didik di kelas VII Madrasah Tsanawiyah Al-Ishlah Jenggawah Tahun Pelajaran 2019/2020? Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan pemilihan subyek ini menggunakan purposive yang dalam teknisnya dipilih dengan pertimbangan dan tujuan tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, wawancara, observasi dan dokumentasi. Model analisis data yang digunakan adalah model Miles and Huberman. Langkahlangkahnya meliputi: Kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan datanya menggunakan kredibilitas data yaitu: triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah (1) Perencanaan pembelajaran mahfuzhat dalam membentuk karakter peserta didik meliputi memilih judul yang mengandung nilai-nilai karakter, membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (I’dadut tadris) sesuai langkah-langkah yang telah ditetapkan, menentukan metode pembelajaran, dan menentukan media pembelajaran. (2) Pelaksanaan pembelajaran mahfuzhat dalam membentuk karakter meliputi kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. (3) Evaluasi pembelajaran mahfuzhat dalam membentuk karakter menggunakan jenis tes (tes tulis dan tes lisan) dan non tes (observasi) yakni bentuk praktik peserta didik diluar kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 31 Oct 2022 03:13
Last Modified: 31 Oct 2022 03:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14254

Actions (login required)

View Item View Item