Permainan Finger Painting dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Kelompok A di RA Miftahul Ulum Sukorejo Bangsalsari Jember.

KHOTIJAH, SITI (2020) Permainan Finger Painting dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Kelompok A di RA Miftahul Ulum Sukorejo Bangsalsari Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
SITI KHOTIJAH_T20165049.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

Anak usia dini adalah individu yang sedang mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat, bahkan dikatakan sebagai lompatan perkembangan. Anak usia dini memiliki rentang usia yang sangat berharg dibanding usia-usia selanjutnya karena perkembangan kecerdasananya sangat luar biasa para ahli menyebutnya yaitu golden age “masa emas”. Usia dini merupakan kesempatan emas bagi anak untuk belajar. Apa yang dipelajari seseorang diawal kehidupan akan mempunyai dampak pada kehidupan dimasa yang akan datang. Oleh karena itu, kesempatan ini hendaknya dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk pembelajaran anak karena rasa ingin tahu anak usia ini berada pada posisi puncaknya. Fokus masalah yang ada dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana penerapan finger painting di RA Miftahul Ulum Sukorejo Bangsalsari Jember? (2) Bagaimana perkembangan kreativitas anak di RA Miftahul Ulum Sukorejo Bangsalsari Jember? Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan penerapan finger painting di RA Miftahul Ulum Sukorejo Bangsalsari Jember (2) Mendeskripsikan perkembangan kreativitas anak di RA Miftahul Ulum Sukorejo Bangsalsari Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif ini dilakukan pada objek alamiah, di mana objek tersebut berkembang apa adanya dan tidak dimanipulasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang merupakan studi terhadap realitas kehidupan sosial masyarakat secara langsung. Lokasi penelitian di lembaga RA Miftahul Ulum Sukorejo Bangsalsari Jember subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru Kelompok A dan murid Kelompok A. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa (1) Penerapan finger painting terhadap kreativitas anak kelompok A di RA Miftahul Ulum Sukorejo Bangsalsari Jember dilaksanakan dengan beberapa langkah, di antaranya pertama, guru menunjukkan alat dan bahan yang digunakan dalam finger painting. Kedua, guru memperagakan cara membuat adonan. Ketiga, guru membentuk kelompok di dalam pembelajaran. Keempat, Anak menuangkan adonan sesuai dengan keinginan anak. Kelima, guru membagikan kertas kosong kepada anak, agar anak juga dapat memperagakan sesuai aturan yang sudah ditetapkan guru, dan (2) Perkembangan kreativitas anak melalui finger painting Kelompok A RA Miftahul Ulum Sukorejo Bangsalsari Jember bermacam-macam, misalnya anak berkembang sesuai harapan, mulai berkembang, belum berkembang, bahkan ada yang berkembang sangat baik. Untuk yang belum berkembang, maka diperlukan tindakan khusus bagi guru misalnya memberikan perhatian yang lebih, memberikan kesempatan yang lebih luas kepada anak untuk belajar dengan didampingi oleh guru maupun orang tua ketika di rumah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 31 Oct 2022 03:20
Last Modified: 31 Oct 2022 03:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14259

Actions (login required)

View Item View Item