Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMA 04 Ma’arif Perintis Tempurejo Jember.

Zen, Ahmad Muzakki (2021) Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMA 04 Ma’arif Perintis Tempurejo Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Ahmad Muzakki Zen.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://digilib.uinkhas.ac.id/view/divisions/

Abstract

Keberhasilan lembaga pendidikan diperlukan seorang pemimpin yang
mampu dan tangguh dalam memimpin sebuah lembaga pendidikan. Salah satu
tugas utama kepala sekolah adalah meningkatkan mutu pendidikan pada lembaga
pendidikan yang dipimpinnya. Mutu pendidikan senantiasa ditingkatkan agar
minimal selalu dapat mengikuti dan maksimal dapat mewarnai dinamika
kehidupan masyarakat. Maka meningkatnya mutu pendidikan ditandai dengan
meningkatnya hasil belajar murid.
Penelitian ini mempunyai dua fokus penelitian, yaitu: (1) Bagaimana tipe
kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA 04
Ma’rif Perintis Tempurejo? (2) Bagaimana model kepemimpinan kepala sekolah
dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA 04 Ma’rif Perintis Tempurejo?
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tipe dan model
Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan SMA 04
Ma’arif Perintis Tempurejo
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitian
yang digunakan adalah jenis penelitian field research. Teknik pengumpulann data
menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumenter. Teknik analisis data
menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan model interaktif deskriptif
Miles dan Huberman yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan
triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian yaitu 1) Tipe kepemimpinan kepala sekolah dalam
meningkatkan mutu pendidikan adalah tipe kepemimpinan demokratis, melalui
beberapa hal. Diawali dengan cara melakukan evaluasi, kemudian merencanakan
apa yang akan dilakukan, membagi personilnya didalam bagian tertentu, membagi
tugas pokok dan fungsinya serta menggerakkan mereka untuk mencapai
perencanaan tersebut. Pada masa pandemi covid-19 ini, kepala sekolah melakukan
peningkatan kualitas mutu guru dengan cara memberikan pelatihan metode
pembelajaran baru, memberikan beberapa siswa yang tidak mempunyai media
pembelajaran jarak jauh dalam rangka tercapainya proses pembelajaran yang
efektif dan efisien. 2) Model kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan
mutu pendidikan SMA 04 Ma’arif Perintis Tempurejo menggunakan model
kepemimpinan yang efektif, seperti mengontrol pendidik, evaluasi dan melakukan
pelatihan terhadap dewan guru. Memenuhi kebutuhan warga sekolah,
melaksanakan visi dan misi, menyusun program (prota dan promes),
melaksanakan yang telah disusun dan memfasilitasi bakat dan minat siswa dengan
kegiatan-kegiatan ekstakulikuler di bidang Pramuka, PMR, Paskibra, piadato
berbahasa, tenis meja, Mtq, dan lain-lain, Dalam peningkatan mutu sarana dan
prasarana seperti laboratorium IPA, bahasa, kompoter, kantin dan ruangan baru
lainnya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Mutu Pendidikan
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ahmad Muzakki Zen
Date Deposited: 09 Nov 2022 06:17
Last Modified: 09 Nov 2022 06:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14260

Actions (login required)

View Item View Item