Pelaksanaan Model Pembelajaran Advance Organizer pada Mata Pelajaran PAI Kelas VII A di SMP Negeri 1 Muncar

IZZA, ARIFA AINIL (2020) Pelaksanaan Model Pembelajaran Advance Organizer pada Mata Pelajaran PAI Kelas VII A di SMP Negeri 1 Muncar. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
ARIFA AINIL IZZA_T20151085.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

SMP Negeri 1 Muncar yang berlokasi di Kedungringin Muncar Kabupaten Bnyuwangi merupakan sebuah lembaga pendidikan yang menggunakan kurikulum 2013 dalam proses pembelajarannya. Pada saat berlangsungnya proses pembelajaran agama Islam guru masih menggunakan model pembelajaran yang monoton yaitu ceramah. Dimana guru menerangkan, peserta didik mendengarkan apa yang disampaikan guru hingga proses belajar mengajar berakhir tanpa ada kesempatan untuk mengembangkan daya keaktifitas yag dimiliki peserta didik. Berdasarkan permasalahan diatas maka dirumuskan salah satu usaha guru untuk mengembangkan nilai belajar peserta didik adalah dengan menggunakan model pembelajaran advance organizer. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Langkah-langkah pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII A menggunakan model pembelajaran advance organizer pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Muncar ? , 2) Bagaimana respons peserta didik saat pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII A menggunakan model advance organizer di SMP Negeri 1 Muncar ?. dan tujuan dari skripsi ini adalah: 1) Memahami Langkah-langkah pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII A menggunakan model pembelajaran advance organizer pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Muncar. 2) Mengetahui respons peserta didik saat pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII A menggunakan model advance organizer di SMP Negeri 1 Muncar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini, adalah: observasi, wawancara, dan kajian dokumen. Penentuan informan menggunakan purposive. Analisis data yang digunakan model Milles dan Huberman meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengujian keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi metode dan sumber. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah 1) Langkah-langkah pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII A menggunakan model pembelajaran advance organizer pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Muncar dilakukan (a) guru meminta peserta didik membuka buku yang berhubungan dengan materi, (b) guru memberikan materi yang berkaitan dengan isi kandungan dari surah Ar-Rahman ayat 33 dan Al-Mujadilah ayat 13 dengan menggunakan power point, (c) guru meminta peserta didik untuk mengumpulkan dalil Al-quran yang berkaitan dengan isi kandungan surah Ar-Rahman ayat 33 menjelaskan pentingnya ilmu pengetahuan bagi kehidupan umat manusia dan Al- Mujadilah ayat 13 menjelaskan keutamaan orang-orang beriman dan berilmu pengetahuan (d) guru membagi peserta didik ke dalam beberapa kelompok, membagikan lembar diskusi dan meminta peserta didik mengerjakan lembar diskusi tersebut, (e) guru meminta peserta didik mempresentasikan hasil diskusinya. 2) Respon peserta didik saat pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIIA menggunakan model pembelajaran advance organizer di SMP Negeri 1 Muncar ditujukan melalui beberapa perubahan yaitu pertama, yaitu peserta didik kurang menyukai ketika guru memberikan tugas pada saat materi selesai sehingga ada beberapa peserta didik menyalin tugas temannya dengan alasan tidak mengerti, malas mengerjakan dan mengandalkan jawaban dari guru tetapi pada saat menerapkan model pembelajaran advance organizer semua peserta didik merespon positif semua tugas yang diberikan guru dan jarang sekali peserta didik yang menyalin tugas temannya, dan apabila ada soal yang sulit peserta didik tidak lagi mengandalkan jawaban dari guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 31 Oct 2022 03:24
Last Modified: 31 Oct 2022 03:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14261

Actions (login required)

View Item View Item