Analisis Strategi Pengembangan Produk Sebagai Bentuk Diferensiasi Take Over Pembiayaan Pensiun Pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Jember

Setiayu, Anggraini (2020) Analisis Strategi Pengembangan Produk Sebagai Bentuk Diferensiasi Take Over Pembiayaan Pensiun Pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Anggraini Setiayu_E20161011.pdf - Submitted Version

Download (1MB)

Abstract

Pembiayaan pensiun adalah pembiayaan yang diberikan kepada pensiunan dalam rangka memberi kesempatan dan kemudahan memperoleh fasilitas pembiayaan untuk menjembatani kebutuhan para pensiunan, ini menjadi solusi para pensiunan yang menginginkan pembiayaan dengan cara pengajuan yang mudah dan pencairan yang cepat. Bank Syariah Mandiri menyediakan jasa pelayanan keuangan untuk mengalihkan transaksi yang telah berjalan dari suatu bank ke bank lain, yaitu take over, melalui cara menarik calon nasabahnya yang menjadi nasabah bank lain untuk berpaling menjadi nasabah Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Jember. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana strategi pengembangan produk pembiayaan pensiun pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Jember ?. 2) Bagaimana bentuk diferensiasi take over pembiayaan pensiun pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Jember ?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi pengembangan produk pembiayaan pensiun pada Bank Syariah Mandiri KC Jember. 2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan bentuk dari diferensiasi take over pembiayaan pensiun pada Bank Syariah Mandiri KC Jember. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian Field Research menggunakan pendekatan deskriptif. Penentuan informan menggunakan teknik Purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian adalah: 1) Penambahan jumlah dengan menambah produk pra-pensiun dan meningkatkan kerjasama. Penambahan fungsi perusahaan dengan memberikan fasilitas buku rekening, autentifikasi dan ruangan untuk pengambilan gaji setiap bulan. Perluasan distribusi pemasaran dengan membedakan ciri produk, meningkatkan mutu, menetapkan harga pada tabel angsuran, melakukan promosi berupa iklan, brosur, special price, memberikan apresiasi hadiah, serta mengadakan agenda rutin. 2) Menjadikan para marketing untuk mempunyai personalia terlatih. Menerapkan strategi penjualan dan sistem pemasaran serta meningkatkan kinerja para marketing untuk menggait minat para calon nasabah pensiunan. Mengadakan agenda rutin kekeluargaan, senam sehat dan sosialisasi untuk mengukir citra dan persepsi positif. Membedakan produk dengan para pesaing melalui angsuran yang ringan dan tetap serta bebas biaya dan dicover asuransi. Memberikan pelayanan terbaik menangani proses take over, autentifikasi, dan pengambilan gaji.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 31 Oct 2022 03:48
Last Modified: 31 Oct 2022 03:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14262

Actions (login required)

View Item View Item