Penerapan Media Buku Cerita Dan Boneka Jari Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Kelompok B Di Raudholtul Athfal Perwanida Desa Garahan Kecamatan Silo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019/2020

ZAHASFANA, ALAIN NAVILA (2020) Penerapan Media Buku Cerita Dan Boneka Jari Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Kelompok B Di Raudholtul Athfal Perwanida Desa Garahan Kecamatan Silo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
ALAIN NAVILA ZAHASFANA_T20165096.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Salah satu aspek yang perlu dikembangkan sejak dini adalah bahasa. Anak usia dini merupakan masa emas atau masa ideal untuk belajar bahasa selain bahasa ibu. Daya penyerapan bahasa pada anak berfungsi secara otomatis. Fenomena seperti itu antara lain terpacu oleh obsesi orang tua yang menghendaki anaknya cepat dapat berbahasa dengan lancar. Cukup dengan pemaparan diri (self-exposure) pada bahasa tertentu, misalnya tinggal di suatu lingkungan yang berbahasa lain dari bahasa ibunya, dengan sangat mudah anak akan dapat menguasai bahasa tersebut. Fokus Penelitian, yaitu: 1) Bagaimana penerapan media buku cerita dan boneka jari dalam meningkatkan kemampuan bahasa anak kelompok B Raudhotul Athfal Perwanida 07 Desa Garahan Kecamatan Silo Kabupaten Jember Tahun 2019/2020? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan media buku cerita dan boneka jari dalam meningkatkan kemampuan bahasa anak kelompok B Raudhotul Athfal Perwanida 07 Desa Garahan Kecamantan Silo Kabupaten Jember Tahun 2019/2020? Penelitian ini bertujuan: 1) Mengetahui penerapan buku cerita dan boneka jari dalam meningkatkan kemampuan bahasa anak kelompok B Raudhotul Athfal Perwanida 07 Desa Garahan Kecamatan Silo Kabupaten Jember Tahun 2019/2020. 2) Memahami penerapan buku cerita dan boneka jari dalam meningkatkan kemampuan bahasa anak kelompok B Raudhotul Athfal Perwanida 07 Desa Garahan Kecamatan Silo Kabupaten Jember Tahun 2019/2020 Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, dengan pendekatan field reseach. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) Penerapan media buku cerita dan boneka jari dalam meningkatkan kemampuan bahasa pada anak kelompok B di Raudhotul Athfal Perwanida 07 Silo Jember dilakukan guru yaitu mengupayakan anak-anak dapat memahami berbagai cerita yang guru sampaikan, boneka jari sebagai media tangan untuk memerankan tokoh dalam cerita yang dibacakan oleh guru, sehingga cerita akan menarik dan menyenangkan. Hal ini tidak hanya menarik minat anak untuk mengutarakan pendapat, tapi juga melatih mengucapkan beberapa kata yang baik dan benar.; 2) Faktor pendukung dan penghambat penerapan media buku cerita dan boneka jari dalam meningkatkan kemampuan bahasa anak kelompok B di Raudhotul Athfal Perwanida 07 Desa Garahan Kecamatan Silo Kabupaten Jember, Faktor pendukunganya adalah media cerita yang variatif mulai dari buku cerita rakyat, kisah nabi, serta dongeng, gambar dan warna menjadi daya tarik tersendiri bagi anak, begitu juga dengan boneka jari, bentuknya yang lucu sangat menarik bagi anak. Faktor penghambat dari pelaksanaan media buku cerita dan boneka jari seberanya terletak pada cara penyampaian seorang guru dalam setiap ekpresi, mimik wajah, notasi suara, dan kejelasan dalam menyampaikan cerita

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 31 Oct 2022 03:48
Last Modified: 31 Oct 2022 03:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14265

Actions (login required)

View Item View Item