Efektivitas Video Pembelajaran IPA Berbasis Pendekatan Saintifik Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Materi Pencemaran Lingkungan Pada Siswa Kelas VII SMP Unggulan Karangsawo Paciran Lamongan

Fitrotul Islamiyah, Nur Dinda (2022) Efektivitas Video Pembelajaran IPA Berbasis Pendekatan Saintifik Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Materi Pencemaran Lingkungan Pada Siswa Kelas VII SMP Unggulan Karangsawo Paciran Lamongan. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
FINAL SKRIPSI KUANTITATIF NUR DINDA FITROTUL ISLAMIYAH (T201810019) TADRIS IPA.pdf

Download (21MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat belajar, kurangnya
motivasi dan hasil belajar IPA peserta didik di SMP Unggulan Karangsawo
Paciran Lamongan. Faktor yang mempengaruhi kurangnya minat belajar dan
rendahnya hasil belajar peserta didik yaitu proses pembelajaran yang masih
menggunakan pola lama, yaitu menggunakan metode pembelajaran konvensional
yaitu metode ceramah, hanya memberi contoh-contoh lewat perkataan saja, tanya
jawab, dan diberi tugas rumah atau pekerjaan rumah. Salah satu alternatif yang
diharapkan dapat menjadi solusi adalah dengan penerapan media pembelajaran
berupa video pembelajaran berbasis pendekatan saintifik yang dapat memberi
motivasi dan minat belajar kepada siswa sehingga dapat memperoleh hasil belajar
yang memuaskan.
Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah : Adakah keefektivan video
pembelajaran IPA berbasis pendekatan saintifik materi pencemaran lingkungan
terhadap motivasi belajar pada siswa kelas VII di SMP Unggulan Karangsawo? ,
Adakah keefektifan video pembelajaran IPA berbasis pendekatan saintifik materi
pencemaran lingkungan terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMP Unggulan
Karangsawo?
Tujuan penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu untuk mengetahui
keefektifan video pembelajaran IPA berbasis pendekatan saintifik terhadap
motivasi belajar siswa kelas VII di SMP Unggulan Karangsawo pada materi
pencemaran lingkungan. untuk mengetahui keefektifan video pembelajaran IPA
berbasis pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMP
Unggulan Karangsawo pada materi pencemaran lingkungan..
Penelitian ini adalah penelitian Quasi Experiment dengan rancangan
Nonequivalent control group design . Pengambilan sampel dari populasi
menggunkan Teknik Purposive Sampling yaitu kelas VII A berjumlah 24 siswa
sebagai kelas Eksperimen dan kelas VII B berjumlah 24 siswa sebagai kelas
kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Teknik analisis
data yang digunakan untuk mrnguji hipotesis adalah uji Independent Sampel T�Test . Data dianalisis menggunakan Teknik analisis deskriptif dan inferensial
Berdasarkan hasil uji-t pada angket motivasi belajar siswa diperoleh nilai
signifikansi sebesar 0,000 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Sedangkan
pada hasil belajar melalui nilai posstest memiliki nilai signifikansi 0,000 artinya
H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat keefektifan
pembelajaran menggunakan video berbasis pendekatan saintifik terhadap motivasi
dan hasil belajar materi pencemaran lingkungan pada siswa kelas VII SMP
Unggulan Karangsawo Paciran Lamongan.
Kata Kunci : Video Pembelajaran, Pendekatan Saintifik, Motivasi, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Nur Dinda Fitrotul Islamiyah
Date Deposited: 31 Oct 2022 09:09
Last Modified: 31 Oct 2022 09:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14273

Actions (login required)

View Item View Item