Penilaian Autentik Ranah Sikap Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas VIII SMPN 8 Jember Tahun Pelajaran 2021/2022

Syaharani, Wardatus Soleha (2022) Penilaian Autentik Ranah Sikap Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas VIII SMPN 8 Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI WARDA(3)watermak.pdf

Download (3MB)

Abstract

Wardatus Soleha Syaharani,2022: Penilaian Autentik Ranah Sikap Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Siswa Kelas VIII di SMPN 8 Jember Tahun pelajaran 2021/2022.
Kata kunci : Penilaian Autentik, Sikap Spiritual, Sikap Sosial, Kelas VIII, Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi

Penilaian ranah sikap adalah penilaian yang dilakukan guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi sikap dari peserta didik. objek sikap yang perlu dinilai dalam proses pembelajaran adalah sikap terhadap mata pelajaran, sikap terhadap guru, sikap terhadap proses pembelajaran.
Fokus penelitian ini adalah : 1) Bagaimana Penilaian Autentik Ranah Sikap Spiritual Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Siswa Kelas VIII di SMPN 8 Jember?. 2) Bagaimana Penilaian Autentik Ranah Sikap Sosial Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Siswa Kelas VIII di SMPN 8 Jember?. Tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk mendeskripsikan bagaimana penilaian autentik ranah sikap spiritual pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti siswa kelas VIII di SMPN 8 Jember, 2) untuk mendeskripsikan bagaimana penilaian autentik ranah sikap sosial pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti siswa kelas VIII di SMPN 8 Jember.
Penelitian merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian menggunakan model analisis Miles, Huberman, and Saldana. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Dengan hasil penelitian 1) Penilaian autentik ranah sikap spiritual pada mata pelajaran PAI dan BP siswa kelas VIII dalam menilai ranah sikap spiritual didapat dari pembiasaan sikap, pembiasaan sikap spiritual yang diterapkan meliputi berdoa ketika memulai atau mengakhiri pembelajaran, solat duhur berjamaah, mengaji surah yaasin setiap hari jum’at dan sabtu. Teknik yang digunakan guru PAI dan BP untuk penilaian autentik adalah teknik observasi. Hasil penilaian ranah sikap spiritual dimanfaatkan sebagai dasar untuk pengklasifikasian siswa, pemberian balikan, pelaporan kepada orang tua siswa. 2) Penilaian autentik ranah sikap sosial pada mata pelajaran PAI dan BP siswa kelas VIII dalam menilai ranah sikap sosial didapat dari pembiasaan sikap, sikap sosial siswa yang diterapkan meliputi sikap tanggung jawab ketika diberi tugas, sikap disiplin waktu, sikap gotong royong ketika di beri tugas, sikap peduli dan memiliki jiwa sosialitas yang tinggi di terapkan pada program dana infak. Teknik yang digunakan guru PAI dan BP untuk penilaian autentik adalah teknik observasi. . Hasil penilaian ranah sikap spiritual dimanfaatkan sebagai dasar untuk pengklasifikasian siswa, pemberian balikan, pelaporan kepada orang tua siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220407 Studies in Religious Traditions (excl. Eastern, Jewish, Christian and Islamic Traditions)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mahasiswa Wardatus Soleha Syaharani
Date Deposited: 31 Oct 2022 09:16
Last Modified: 31 Oct 2022 09:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14287

Actions (login required)

View Item View Item