PENGARUH CIRCLE PERTEMANAN, GENDER, PERSEPSI RISIKO DAN RETURN TERHADAP MINAT INVESTASI MAHASISWA DI PASAR MODAL (Studi Kasus Mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember)

Ulfatun nikmah, Rita (2022) PENGARUH CIRCLE PERTEMANAN, GENDER, PERSEPSI RISIKO DAN RETURN TERHADAP MINAT INVESTASI MAHASISWA DI PASAR MODAL (Studi Kasus Mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember). Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
RITA ULFATUN NIKMAH_E20182229.pdf

Download (2MB)

Abstract

Rita Ulfatun Nikmah, Ana Pratiwi, 2022 : Pengaruh Circle Pertemanan, Gender, Persepsi Risiko Dan return Terhadap Minat Investasi Pasar Modal Pada Mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember.
Investasi adalah suatu instrumen pembangunan yang dibutuhkan oleh suatu bangsa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya dan mahasiswa sebagai calon investor muda yang paling banyak menarik perhatian dan sangat berpotensi untuk melakukan kegiatan investasi, jumlah investor pasar modal Indonesia yang tercatat di KSEI telah menembus 8,3 juta atau meningkat 12,13% dari posisi akhir tahun 2021 lalu. Data per akhir maret juga menunjukkan bahwa investor Gen Z memilih berinvestasi di saham industri keunagan, kabar gembira ini tidak menutup kemungkinan terjadi pada Mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember dengan mempertimbangkan keuntungan serta kemudahan untuk mengakses informasi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Apakah Circle Pertemanan, Gender, Persepsi Resiko Dan Return Berpengaruh secara persial terhadap minat investasi di pasar modal pada mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember ? 2) Apakah Circle Pertemanan, Gender, Persepsi Resiko Dan Return Berpengaruh secara simultan terhadap minat investasi di pasar modal pada mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember ?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) mengetahui dan menganalisis pengaruh Cicrle pertemanan, Gender, Persepsi risiko dan return secara persial terhadap minat investasi di pasar modal pada mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember ? 2) mengetahui dan menganalisis pengaruh Cicrle pertemanan, Gender, Persepsi risiko dan return secara simultan terhadap minat investasi di pasar modal pada mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember ?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dianalisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis linier berganda, analisis koefisien determinasi, uji persial atau uji t, dan uji simultan atau uji F. Populasi yang didapatkan dalam penelitian ini adalah 3.060 orang. Untuk mendapatkan data yang diuji kebenarannya dan sesuai dengan masalah yang akan diteliti secara lengkap maka kuesioner dibagikan kepada 97 sampel.
Variabel circle pertemanan (X1) tidak berpengaruh terhadap variabel minat investasi (Y) mahasiswa Ekonomi Syariah. (X2) Variabel gender tidak berpengaruh terhadap variabel minat investasi (Y) mahasiswa Ekonomi Syariah. Variabel persepsi risiko (X3) tidak berpengaruh terhadap variabel minat investasi (Y) mahasiswa Ekonomi Syariah. Variabel return berpengaruh terhadap variabel minat investasi (Y) mahasiswa Ekonomi Syariah. Variabel circle pertemanan (X1), Gender (X2), persepsi risiko (X3) dan return (X4) secara simultan berpengaruh terhadap variabel minat investasi (Y) pada mahasiswa Ekonomi Syariah.
Kata Kunci : Circle pertemanan, Gender, Persepsi Risiko dan Return, Minat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Rita Ulfatun Nikmah
Date Deposited: 31 Oct 2022 09:28
Last Modified: 31 Oct 2022 09:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14290

Actions (login required)

View Item View Item