Analisis Perlakuan Akuntansi Pada Pembiayaan Gadai Emas Di PT.Pegadaian UPC Puger Cabang Jember

Kurnia, Nova (2022) Analisis Perlakuan Akuntansi Pada Pembiayaan Gadai Emas Di PT.Pegadaian UPC Puger Cabang Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI NOVA wtrmk.pdf

Download (931kB)

Abstract

Nova Kurnia, Nur Ika Mauliyah. M.Ak, 2022 : Analisis Perlakuan Akuntansi Pada Pembiayaan Gadai Emas Di PT. Pegadaian UPC Puger Cabang Jember.
Adanya virus covid 19 yang menghambat perekonomian masyarakat, sehingga masyarakat menggadaikan barang mereka salah satunya gadai emas. Lembaga yang menjadi pelarian masyarakat untuk menggadaikan barangnya yaitu PT. Pegadaian. Pegadaian merupakan suatu perusahaan bagi masyarakat untuk memperoleh pinjaman dana secara cepat ditengah covid 19 ini. Dalam PT. Pegadaian juga membutuhkan proses perlakuan akuntansi tersendiri guna menghindari penyalahgunaan data. Perlakuan Akuntansi sendiri merupakan proses pengakuan, pengukuran, pencatatan dan penyajian informasi keuangan.
Fokus penelitian ini meliputi 1. Apakah Perlakuan Akuntansi Pada Pembiayaan Gadai Emas Di PT. Pegadaian UPC Puger Cabang Jember sesuai dengan PSAK 50 dan 55 ? 2. Bagaimana Pencatatan Perlakuan Akuntansi Pada Pembiayaan Gadai Emas Di PT. Pegadaian UPC Puger Cabang Jember ? Tujuan dari penelitian adalah 1. Untuk mengetahui Apakah Perlakuan Akuntansi Pada Pembiayaan Gadai Emas Di PT. Pegadaian UPC Puger Cabang Jember sesuai dengan PSAK 50 dan 55. 2. Untuk mengetahui Pencatatan Perlakuan Akuntansi Pembiayaan Gadai Emas Di PT. Pegadaian UPC Cabang Jember.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dengan penemuan subjek menggunakan teknik purposive. Serta teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penarikan kesimpulan dan penyajian data. Untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1. Perlakuan Akuntansi Pada Pembiayaan Gadai Emas Di PT. Pegadaian UPC Puger Cabang Jember belum sesuai dengan PSAK 50 dan 55. 2. Pencatatan perlakuan akuntansi di PT. Pegadaian UPC Puger Cabang Jember hanya membuat laporan keuangan secara sederhana saja, karena sistem pengelolaannya dilakukan secara terpusat dan online.
Kata Kunci : PSAK 50 dan 55, Pencatatan Perlakuan Akuntansi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150103 Financial Accounting
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Depositing User: MISS NOVA KURNIA
Date Deposited: 31 Oct 2022 09:32
Last Modified: 31 Oct 2022 09:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14293

Actions (login required)

View Item View Item