IMPLIKASI PEMASARAN PRODUK BERBASIS ETIKA ISLAM TERHADAP MINAT NASABAH TABUNGAN BAROKAH PADA BPR SYARIAH BHAKTI SUMEKAR CABANG MADYA JEMBER

Mukarromah, Silviyatul (0012) IMPLIKASI PEMASARAN PRODUK BERBASIS ETIKA ISLAM TERHADAP MINAT NASABAH TABUNGAN BAROKAH PADA BPR SYARIAH BHAKTI SUMEKAR CABANG MADYA JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai haji Achmad Shiddiq jember.

[img] Text
SKRIPSI SILVIYATUL MUKARROMAH.pdf

Download (3MB)

Abstract

Silviyatul Mukarromah, Muhammad Saiful Anam. M.Ag, 2022 : Implikasi
Pemasaran Produk Berbasis Etika Islam Terhadap Minat Nasabah Tabungan
Barokah Pada BPR Syariah Bhakti Sumekar Cabang Madya Jember
Pemasaran merupakan ujung tombak dalam kegiatan bisnis dan usaha. Di
dalam etika pemasaran, hal yang sangat utama adalah kehalalan, tidak menipulasi,
dan jujur. Pada lembaga keuangan, produk yang ditawarkan harus mengutamakan
etika Islam dan menetapkan harga produknya sesuai syariat Islam yang mana
tidak boleh ada unsur riba, gharar, dan maysir. Salah satu produk perbankan yang
banyak diminati masyarakat yakni produk tabungan. Minat nasabah adalah
tindakan dari nasabah untuk mau membeli atau tidak terhadap produk. Salah satu
produk tabungan yang unggul pada BPR Syariah Bhakti Sumekar Cabang Madya
Jember adalah tabungan Barokah.
Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi
pemasaran produk berbasis etika Islam terhadap minat nasabah tabungan Barokah
di BPR Syariah Bhakti Sumekar Cabang Madya Jember?. 2) Bagaimana implikasi
pemasaran produk berbasis etika Islam terhadap minat nasabah tabungan Barokah
pada BPR Syariah Bhakti Sumekar Cabang Madya Jember?.
Tujuan penelitian ini dilakukan: 1) Untuk mengetahui strategi pemasaran
produk berbasis etika Islam terhadap minat nasabah tabungan di BPR Syariah
Barokah Bhakti Sumekar Cabang Madya Jember. 2) Untuk mengetahui implikasi
pemasaran produk berbasis etika Islam terhadap minat nasabah tabungan Barokah
pada BPR Syariah Bhakti Sumekar Cabang Madya Jember.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini
menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik penelitian ini
menggunakan subyek purposive. Teknik pengumpul data dalam penelitian ini
menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk keabsahan data
menggunakan triangulasi sumber.
Kesimpulan, 1. Strategi pemasaran produk berbasis etika Islam terhadap minat
nasabah tabungan Barokah pada BPR Syariah Bhakti Sumekar Cabang Madya
Jember menggunakan strategi pemasaran marketing mix 4P (product, price, place,
promotion). 2. Implikasi pemasaran produk berbasis etika Islam terhadap minat
nasabah tabungan Barokah pada BPR Syariah Bhakti Sumekar Cabang Madya
Jember menggunakan sistem pendekatan konsumen dengan kognisi dan konasi
sehingga pendekatan tersebut berkaitan terhadap minat nasabah menggunakan
tabungan Barokah.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Produk tabungan Barokah, Kognisi pada
minat nasabah, Konasi pada minat nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140206 Experimental Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: ms Silviyatul Mukarromah
Date Deposited: 01 Nov 2022 03:44
Last Modified: 01 Nov 2022 03:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14300

Actions (login required)

View Item View Item