PENYALURAN ZAKAT PRODUKTIF MELALUI PROGRAM YATIM DALAM BENTUK TERNAK BERKAH DI LEMBAGA AMIL ZAKAT DAERAH (LAZDA) RIZKI JEMBER

Maulidah, Risfa Risqi (2022) PENYALURAN ZAKAT PRODUKTIF MELALUI PROGRAM YATIM DALAM BENTUK TERNAK BERKAH DI LEMBAGA AMIL ZAKAT DAERAH (LAZDA) RIZKI JEMBER. Undergraduate thesis, UINIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Risfa Risqi Maulidah_E20184030.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK

Risfa Risqi Maulidah, Dr. Nurul Widyawati Islami Rahayu, M.Si, J.U.N.I 2022: Penyaluran Zakat Produktif Melalui Program Yatim Dalam Bentuk Ternak Di LAZDA RIZKI Jember

Pemahaman tentang termonologi ekonomi positif dan ekonomi normatif juga sangat penting dipelajari dalam ekonomi Islam. Ekonomi positif merupakan hal yang membahas tentang realita hubungan ekonomi dengan sesuatu yang terjadi. Sedangkan ekonomi normative membahas tentang apa yang terjadi dan seharusnya tidak terjadi. Contohnya seperti kebanyakan orang masih barang dan jasa untuk kepuasan maksimal adalah ekonomi positif, sementara anjuran agar tidak mengkonsumsi segala nafsu untuk mencari kepuasan yang dipenuhu adalah pernyataan normative.
Fokus masalah yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah : yang pertama bagaimana penyaluran zakat produktif melalui program yatim dalam bentuk ternak berkah di LAZDA RIZKI Jember dan yang kedua bagaimana perkembangan zakat produktif terhadap siswa dengan adanya program program yatim dalam bentuk ternak berkah di LAZDA RIZKI Jember.
Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu mendeskripsikan sebuah Penyaluran zakat produktif melalui program yatim dalam bentuk ternak berkah di LAZDA RIZKI Jember. selain itu untuk mendeskripsikan bagaimana perkembangan perekonomian siswa dengan adanya program ternak berkah di LAZDA RIZKI Jember.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualiatatif deskripstif dengan jenis penelitian lapangan Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive, serta teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Lokasi penelitian di LAZDA RIZKI Jember.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Penyaluran zakat produktif di LAZDA RIZKI Jember yaitu prosedur penyaluran zakat produktif yang pertama lembaga menyerahkan uang kepada pihak sekolah SMPIT Ibnu Sina Wuluhan lalu yang kedua sekolah berkerjasama dengan pihak lembaga untuk mencari mitra penggaduh yang akan mengelola kambing, yang ketiga pihak lembaga memberikan kambing tersebut kepada mitra penggaduh yang berada di daerah pakusari. Dari hasil pengelolaan tersebut kan mendapatkan laba, lalu laba tersebut di konfirmasi lagi kepada lembaga RIZKI Jember lalu lembaga RIZKI dan sekolah langsung menyerahkan uangnya kepada siswa yang bersangkutan. Modal yang diberikan oleh Lembaga Amil Zakat Daerah RIZKI Jember kepada mitra penggaduh berupa 4 ekor kambing betina. Kemudian kambing indukan beranak dan sekarang jumlah keseluran sebanyak 7 ekor kambing . 2) Perkembangan yang diberikan kepada siswa SMPIT Ibnu Sina Wuluhan yaitu terbantunya biaya pendidikan yang di berikan oleh Lembaga Amil Zakat Daerah RIZKI Jember.

Kata Kunci : Penyaluran, Zakat Produktif, Ternak Berkah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Mrs Risfa Risqi Maulidah
Date Deposited: 02 Nov 2022 08:33
Last Modified: 02 Nov 2022 08:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14303

Actions (login required)

View Item View Item