Efikasi diri guru Sejarah Kebudayaan Islam di lingkungan pesantren studi: di MAS ASHRI Jember tahun pelajaran 2021/2022

Siti, Komariyah (2022) Efikasi diri guru Sejarah Kebudayaan Islam di lingkungan pesantren studi: di MAS ASHRI Jember tahun pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
LAGI_watermark (1).pdf

Download (13MB)

Abstract

iti komariyah 2022, Efikasi Diri Guru Sejarah Kebudayaan Islam Di Lingkungan Pesantren studi: Di MAS ASHRI Jember Tahun Pelajaran 2021/2022Kata kunci : Efikasi diri guru, madrasah, Sejarah Kebudayaan Islam.Efikasi diri guru merupakan kepercayaan seorang guru yang memiliki kemampuan untuk mendorong dirinya mencapai sebuah tujuan pendidikan dapat mempengaruhi seluruh siswa yang diajarkan dapat menghasilkan guru yang profesional dan berkualitas baik sebab guru penentu meningkatnya dunia pendidikan, dengan kemampuan yang dimiliki guru Sejarah Kebudayaan Islam di MAS ASHRI Jember dapat membawa peserta didik termotivasi dalam belajarnya sehingga dapat meningkatkan belajar siswa dengan beberapa strategi meningkatkan efikasi diri guru Sejarah Kebudayaan Islamdi lingkungan pesantren yang ada di MAS ASHRI Jember yang berada di naungan pesantren.Fokus tujuan dalam penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan Bagaimana efikasi diri guru Sejarah Kebudayaan Islam di MAS ASHRI Jember tahun pelajaran 2021/2022?. 2) Untuk mengetahui bagaimana strategi meningkatkan efikasi diri guru Sejarah Kebudayaan Islam di lingkungan pesantren tahun pelajaran 2021/2022? Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik interaktif Miles, Huberman, dan Saldana yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Dengan itu hasil Penelitian ini : 1) Efikasi diri guru Sejarah Kebudayaan Islam di MAS ASHRI jember tampak dalam penerapan strategi pengajarannya disukai oleh siswa melalui pemberian inspirasi kepada peserta didik sehingga siswa semangat belajar sehingga dapat meningkatkan belajar peserta didik 2) Guru Sejarah Kebudayaan Islam MAS ASHRI Jember mengikuti beberapa pelatihan dan juga melaksanakan saran dan masukan dari kepala sekolah melalui kegiatan evaluasi rapat pleno.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220402 Comparative Religious Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220407 Studies in Religious Traditions (excl. Eastern, Jewish, Christian and Islamic Traditions)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mahasiswa Siti Komariyah
Date Deposited: 01 Nov 2022 01:40
Last Modified: 01 Nov 2022 01:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14310

Actions (login required)

View Item View Item