Nisa, Kholifatan (2020) Peran Cross Selling Terhadap Peningkatan Nasabah Produk Tabungan Impian BRISyariah KC Banyuwangi. Undergraduate thesis, IAIN Jember.
Text
Kholifatan Nisa_E20161098.pdf - Submitted Version Download (5MB) |
Abstract
BRI Syariah KC Banyuwangi merupakan lembaga keuangan yang memiliki produk dan jasa. Suatu Produk dan jasa tidak akan dikenal oleh masyarakat tanpa adanya strategi pemasaran. Strategi pemasaran yang dimaksud disini yaitu Cross Selling. Perbankan dapat memaksimalkan penjualan menggunakan cross selling, dengan cara menempatkan dua produk dari bank tersebut yang cenderung dibeli bersamaan oleh nasabah dimana kedua prodak dapat terlihat secara bersama sama, Seperti produk Tabungan Impian. Tabungan ini merupakan tabungan berjangka dengan prinsip bagi hasil dan menggunakan akad Mudharabah Mutlaqah. Fokus masalah pada penelitian ini adalah 1. Bagaimana peran Cross Selling terhadap peningkatan nasabah produk tabungan Impian di BRI Syariah KC Banyuwangi ? 2. Apa saja hambatan yang terjadi dalam penerapan Cross Selling terhadap peningkatan nasabah produk tabungan Impian di BRI Syariah KC Banyuwangi? Tujuan dari penelitian ini adalah 1. Memaparkan peran Cross Selling terhadap peningkatan nasabah produk tabungan Impian di BRI Syariah KC Banyuwangi 2. Memaparkan hambatan yang terjadi dalam penerapan Cross Selling terhadap peningkatan nasabah produk tabungan Impian di BRI Syariah KC Banyuwangi Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research. Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam skripsi ini ini melalui tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah 1. Peran dari Cross Selling sangatlah membantu dalam menarik minat nasabah pada produk tabungan impian. Pihak bank dalam memperkenalkan produk tabungan impian ini dengan cara ketika nasabah mendatangi bank, lalu pihak Customer Service memberikan informasi dan memperkenalkan produk kepada nasabah yang ingin membuka produk tabungan impian. Selain itu pihak bank juga menggunakan brosur untuk menarik minat nasabah terhadap tabungan impian, melakukan Open Table pada tempat ramai di kunjungi masyarakat dan juga mengisi sponsor pada acara acara yang diadakan di Banyuwangi, lalu memperkenalkan produk BRI Syariah khususnya tabungan impian 2. Hambatan dalam menerapkan Cross Selling ketatnya persaingan antar bank, kurangnya komunikatif antara nasabah dengan pihak bank ketika ditawarkan produk tabungan impian, dan juga kurangnya pengetahuan masyarakat akan menabung di Bank Syariah menyebabkan terhambatnya lakunya produk tabungan karena ketidaktahuan masyarakan akan Bank Syariah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Mr abdul mangang |
Date Deposited: | 01 Nov 2022 01:38 |
Last Modified: | 01 Nov 2022 01:38 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14311 |
Actions (login required)
View Item |