Pola Ekstrakurikuler Karawitan dalam Membentuk Karakter Kreatif dan Disiplin Siswa MAN 2 Banyuwangi tahun pelajaran 2019-2020

Mustafidah, Putri (2020) Pola Ekstrakurikuler Karawitan dalam Membentuk Karakter Kreatif dan Disiplin Siswa MAN 2 Banyuwangi tahun pelajaran 2019-2020. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Putri Mustafidah_T20161162.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

Karakter kreatif merupakan merupakan suatu sifat seseorang yang melekat pada diri seseorang dalam mengemukakan gagasan atau pemikiran baru. Adapun karakter disiplin merupakan berkepribadian, berperilaku, bersifat, bertabiat, dan berwatak pada suatu keadaan dimana sesuatu itu berada dalam keadaan tertib, teratur dan semestinya, serta tidak ada suatu pelanggaran-pelanggaran baik secara langsung maupun tidak langsung. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: (1) Pola ekstrakurikuler karawitan dalam membentuk karakter kreatif siswa MAN 2 Banyuwangi tahun pelajaran 2019/2020? (2) Pola ekstrakurikuler karawitan dalam membentuk karakter disiplin siswa MAN 2 Banyuwangi tahun pelajaran 2019/2020 Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan tentang pola ekstrakurikuler karawitan dalam membentuk karakter kreatif siswa MAN 2 Banyuwangi. (2) mendeskripsikan tentang pola ekstrakurikuler karawitan dalam membentuk karakter disiplin siswa MAN 2 Banyuwangi. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research). Teknik penentuan informan dilakukan secara purposive. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan data menggunakan deskriptif kualitatif model Milles Hubarman. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini adalah (1) pola ekstrakurikuler karawitan dalam membentuk karakter kreatif siswa MAN 2 Banyuwangi yaitu melalui tembangtembang disini pelatih memberi penjelasan mengenai makna lirik tembang yang dinyanyikan ketika member penjelasan pelatih membawa sebuah buku yang didalamnya terdapat kumpulan-kumpulan tembang. (2) pola ekstrakurikuler karawitan dalam membentuk karakter disiplin siswa MAN 2 Banyuwangi yaitu melalui membiasakan datang tepat waktu, berhenti bermain untuk melaksanakn kewajiban, menjalankan tugas sesuai jadwal, mendapat hukuman..

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 01 Nov 2022 01:37
Last Modified: 01 Nov 2022 01:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14315

Actions (login required)

View Item View Item