Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences dalam Mengembangkan Kecerdasan Kinestetik Kelompok A Raudhatul Athfal Ulul Albab Mangli Jember

Rohmah, Ana Ainur (2020) Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences dalam Mengembangkan Kecerdasan Kinestetik Kelompok A Raudhatul Athfal Ulul Albab Mangli Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Ana Ainur Rohmah_T20165025.pdf - Submitted Version

Download (69MB)

Abstract

Pembelajaran Multiple Intelligences merupakan pembelajaran yang dapat mengembangkan kecerdasan atau potensi yang dimiliki oleh setiap peserta didik. Dalam penerapan pembelajaran Multiple Intelligences ini melalui kegiatan yang dapat menstimulus potensi yang dimiliki. Salah satu kecerdasan yang dikembangkan adalah kecerdasan kinestetik. Dimana kecerdasan kinestetik melibatkan koordinasi gerak tubuh. Berdasarkan hal tersebut peneliti di RA Ulul Albab Mangli Jember menerapkan pembelajaran berbasis Multiple Intelligences. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan implementasi pembelajaran berbasis Multiple Intelligences dalam mengembangkan kecerdasan kinestetik kelompok A RA Ulul Albab Mangli Jember?, 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran berbasis Multiple Intelligences dalam mengembangkan kecerdasan kinestetik kelompok A RA Ulul Albab Mangli Jember?, 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran berbasis Multiple Intelligences dalam mengembangkan kecerdasan kinestetik kelompok A RA Ulul Albab Mangli Jember?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan perencanaan implementasi pembelajaran berbasis Multiple Intelligences dalam mengembangkan kecerdasan kinestetik kelompok A RA Ulul Albab Mangli Jember, 2) Mendeskripsikan perlaksanaan implementasi pembelajaran berbasis Multiple Intelligences dalam mengembangkan kecerdasan kinestetik kelompok A RA Ulul Albab Mangli Jember, 3) Mendeskripsikan evaluasi implementasi pembelajaran berbasis Multiple Intelligences dalam mengembangkan kecerdasan kinestetik kelompok A RA Ulul Albab Mangli Jember. Untuk mengidentifikasi permasalah tersebut, penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus untuk menganalisis pembelajaran berbasis Multiple Intelligences dalam mengembangkan kecerdasan kinestetik kelompok A RA Ulul Albab Mangli Jember. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan peraikan kesimpulan. Sedangkan untuk menentukan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan, yaitu: 1) Perencanaan implementasi pembelajaran berbasis Multiple Intelligences dalam mengembangkan kecerdasan kinestetik kelompok A RA Ulul Albab Mangli Jember yakni sebelum proses pembelajaran berlangsung guru membuat kegiatan yang akan dilakukan, bahan dan alatyang digunakan, serta penilaian yang akan dilakukan. 2) Pelaksanaan pembelajaran berbasis Multiple Intelligences dalam mengembangkan kecerdasan kinestetik kelompok A RA Ulul Albab Mangli Jember yakni kegiatan awal atau pembuka yaitu guru mendemonstrasikan terlebih dahulu mengenai kegiatan yang dilakukan, bagaimana cara melakukan kegiatan, aturan dalam kegiatan. Guru mencontohkan kegiatannya di ulangi 2 sampai 3 kali agara peserta didik benar-benar paham cara melakukan kegiatannya. kegiatan inti yakni saat proses berlangsung, dimana peserta didik memperagakan langsung kegiatan yang sudah di contohkan oleh gurunya. Dalam kegiatan inti metode yang digunakan guru adalah pengamatan. Dimana guru melihat langsung perkembangan peserta didik saat mereka melakukan kegiatan berlangsung. Kegiatan penutup yakni guru menanyakan tentang perasaannya mengenai kegiatan yang sudah dilakukan, dan kegiatan di akhiri dengan doa. 3) Evaluasi pembelajaran berbasis Multiple Intelligences dalam mengembangkan kecerdasan kinestetik kelompok A RA Ulul Albab Mangli Jember yakni proses dan hasil. Proses peserta didik saat melakukan kegiatan berlangsung di tulis dalam catatan anekdot. Dan hasil dari perkembangan peserta didik di catat dalam ceklis perkembangan anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 01 Nov 2022 03:24
Last Modified: 01 Nov 2022 03:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14334

Actions (login required)

View Item View Item