Implementasi pembelajaran fiqih materi sholat melalui media audio visual bagi siswa-siswi Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Syafi’iyah Pancakarya ajung Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2019/2020

dikin, So (2020) Implementasi pembelajaran fiqih materi sholat melalui media audio visual bagi siswa-siswi Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Syafi’iyah Pancakarya ajung Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Sodikin_T20164069.pdf - Submitted Version

Download (7MB)

Abstract

Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Syafi’iyah mencetak peserta didik menjadi insan yang berilmu, beriman, dan bertaqwa, menjalankan syari’at Islam didalam kesehariannya. melalui rencana pembelajaran yang tersruktur dan terarah khususnya materi sholat melalui media audio visual bagi siswa kelas IV dilaksanakan dengan memperhatikan karakter peserta didik agar kegiatan pembelajaran terlaksana dalam suasana kondusif dan menyenangkan. Rencana pembelajaran terlaksana dengan baik didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai, sehingga pesan bisa diterima dengan baik dalam suasana pembelajaran yang menyenangkan, peserta didik bisa melaksanakan ibadah dengan benar dan senang untuk melaksanakan kegiatan yang sifatnya sunnah apalagi yang wajib, serta memantapkan aqidah dan meningkatkan ibadah siswa Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Syafi’iyah. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Perencanaan Pembelajara fiqih materi sholat melalui media audio visual bagi siswa-siswi Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Syafi’iyah 2) Bagaimana Pelaksanaan pembelajara fiqih materi sholat melalui media audio visual bagi siswa-siswi Kslas IV Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Syafi’iyah 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran fiqih materi sholat bagi siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Syafi’iyah. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penentuan subyek penelitian dalam penelitian ini dilakukan secara purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan model analisis data Miles dan Huberman. Analisis data ini meliputi kegiatan Kondensasi Data (Condensation), Penyajian Data (Display), Penarikan Kesimpulan ( Conclusions Drawing). Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran yang terstruktur dan terarah memudahkan guru dan peserta didik dalam pembelajaran fiqih materi sholat bagi siswa kelas IV 2) Pelaksanaan pembelajaran yang terarah dan menyenangkan membuat siswa semangat dan antusias dalam belajar serta tidak membosankan. 3) Untuk mengukur daya serap dan hasil belajar siswa, evaluasi dilakukan oleh guru melalui hafalan doa-doa sholat, praktek, serta tes tulis formatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 01 Nov 2022 03:41
Last Modified: 01 Nov 2022 03:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14336

Actions (login required)

View Item View Item