Analisis Perolehan Laba Dalam Industri Pemilihan Sampah Dan Dampaknya Pada Pendapatan Para Karyawan Di Ud Angga Jaya Desa Suco Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember

Umamah, Siti Zaidatul (2022) Analisis Perolehan Laba Dalam Industri Pemilihan Sampah Dan Dampaknya Pada Pendapatan Para Karyawan Di Ud Angga Jaya Desa Suco Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI ZAIDATUL Fix.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Siti Zaidatul Umamah, 2022: Perolehan Laba dalam Industri Pemilihan Sampah dan Implikasinya pada Pendapatan Para Karyawan di
Desa Suco Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember.
Upaya yang dilakukan masyarakat dalam mengurangi jumlah sampah adalah dengan diadakannya industri sampah, yang gunannya untuk memilih sampah hingga dapat di daur ulang dan di produksi menjadi bahan yang lebih berguna seperti perabot rumah tangga dan sejenisnya. Selain itu, industri sampah ini juga dapat menghasilkan uang kepada para karyawannya. Industri sampah adalah suatu tempat yang digunakan untuk menyortir berbagai jenis sampah yang layak untuk didaur ulang. Hasilnya akan disetorkan ketempat pembuatan alat rumah tangga seperti timba dan sejenisnya.
Fokus masalah yang akan peneliti lakukan dalam skripsi ini adalah: (1) Apa faktor yang melatarbelakangi adanya industri pemilihan sampah di UD. Angga Jaya desa Suco Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember? (2) Apa saja kriteria yang digunakan dalam pemilihan sampah di UD. Angga Jaya desa Suco Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember? (3) Bagaimana analisis perolehan laba pada pendapatan karyawan di UD. Angga Jaya desa Suco Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember?
Tujuan terhadap penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Untuk mengetahui faktor yang melatarbelakangi adanya industri pemilihan sampah di UD. Angga Jaya desa Suco Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember. (2) Untuk mengetahui kriteria yang digunakan dalam pemilihan sampah di UD. Angga Jaya desa Suco Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember. (3) Untuk mengetahui analisis perolehan laba pada pendapatan karyawan di UD. Angga Jaya desa Suco Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember.
Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif menggunakan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Untuk pengecekan keabsahan data, peneliti menggunakan trianggulasi sumber.
Dari hasil penelitian yang dilakukan dilapangan menunjukkan, yakni: (1) Penimbunan sampah dapat mengakibatkan pencemaran lingkungan yang dapat mengganggu kehidupan manusia. Terlebih sampah plastik yang tidak dapat terurai dan mengandung zat kimia berbahaya apabila dibiarkan mencemari lingkungan seperti tanah dan air. Adanya lembaga atau perusahaan yang begerak dalam pengolahan sampah dapat membantu mengurangi menumpuknya sampah. (2) menunjukkan bahwa proses pengolahan sampah di Unit Dagang Angga Jaya terdapat tiga tahap yaitu pemilihan, pengepakan dan pendistribusian. (3) Setiap jenis sampah plastik memiliki harga yang berbeda per kilogram berdasarkan kariteria sampah plastiknya.
Kata Kunci: Laba, Industri Pemilihan Sampah, Pendapatan Karyawan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140201 Agricultural Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Siti Zaidatul Umamah
Date Deposited: 02 Nov 2022 03:53
Last Modified: 02 Nov 2022 03:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14341

Actions (login required)

View Item View Item