Strategi Komunikasi Ustadz Danil Dalam Mengembangkan Dakwah Bil Hal Di Dusun Sumber Gadung Desa Slateng Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember

HAMDANI, IMAM (2019) Strategi Komunikasi Ustadz Danil Dalam Mengembangkan Dakwah Bil Hal Di Dusun Sumber Gadung Desa Slateng Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
IMAM HAMDANI_082 121 051.pdf - Submitted Version

Download (15MB)

Abstract

Dinamika sosial masyarakat yang begitu komplek melahirkan berbagai problem sosial, salah satunya yang terjadi di masyarakat dusun Sumber Gadung, yang di antaranya adalah premanisme, kemiskinan, kebersihan, dan juga istabilitas sosial yang meresahkan masyarakat termasuk konflik antara masyarakat pingir hutan dengan Perhutani. Hal ini memerlukan sentuhan dakwah yang efektif agar dapat merubah kebiasan-kebiasan buruk yang menjadi kelumrahan di masyarakat. Salah satu dakwah yang dapat menyentuh masyarakat seperti ini adalah dakwah bil hal yang dilakukan oleh ustadz Danil dengan memberikan contoh dan teladan yang baik dalam kehidupan masyarakat Sumber Gadung ustadz Danil mampu sedikit demi sedikit perilaku masyarakat ke arah yang lebih baik sesuai dengan visi misi agama islam. Fokus pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana bentuk komunikasi yang dilakukan Ustadz Danil dalam mengembangkan Dakwah Bil Hal di Dusun Sumber Gadung ? 2) Bagaimana strategi komunikasi Ustadz Danil dalam mengembangkan Dakwah Bil Hal di Dusun Sumber Gadung ? 3) Bagaimana manfaat strategi komunikasi Ustadz Danil dalam mengembangkan Dakwah Bil Hal di Dusun Sumber Gadung ? Metode dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Penggalian data menggunkan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data-data yang telah diperoleh kemudian direduksi dan di verivikasi serta di display. Kemudian di veriviaksi. Untuk mendapatkan data yang absah peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi data. Hasil dari penelitian ini adalah bentuk komunikasi yang dilakukan oleh ustadz Danil adalah komunikasi tatap muka dan komunikasi persuasif, strategi yang digunakan ustadz Danil adalah strategi komunikasi dengan mendirikan pesantren, mengawal masyarakat bagi mereka yang membutuhkan seperti pembuatan eKTP, akte kelahiran dan kawalan terhadap konflik antara masyarakat dengan Perhutani, dan juga meleburkan diri pada kehidupan sosial yang biasa digeluti oleh preman-preman di dusu Sumber Gadung. Manfaat strategi komunikasi Ustadz Danil dalam mengembangkan Dakwah Bil Hal di Dusun Sumber Gadung mudahnya memahami pesan-pesan agama islam yang disampaikan baik secara lisan maupun secara tindakan dengan memberikan contoh kepada masyarakat dusun Sumber Gadung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 01 Nov 2022 04:05
Last Modified: 01 Nov 2022 04:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14342

Actions (login required)

View Item View Item