Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Sebagai Upaya Pemberdayaan Remaja di Desa Banyuglugur Kecamatan Banyuglugur Kabupaten Situbondo 2019

PRASTIWI, MARWINA (2019) Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Sebagai Upaya Pemberdayaan Remaja di Desa Banyuglugur Kecamatan Banyuglugur Kabupaten Situbondo 2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
MARWINA PRASTIWI_D20152009.pdf - Submitted Version

Download (6MB)

Abstract

Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Banyu Sejahtera meruapakan lembaga atau badan usaha yang berada di bawah naungan Pemerintah Desa. Program yang di adakan oleh BUMDES yakni Pemberdayaan Remaja melalui budidaya ikan hias dan ikan konsumsi. Hal ini sebagai upaya pemberdayaan remaja dan mengurangi kenakalan remajat. Program budidaya di laksanakan selain untuk mewadahi para remaja, juga bertujuan untuk memanfaatkan potensi sumberdaya Alam yang ada. Selain itu BUMDES juga bermitra dengan CSR PLTU Paiton. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka ada tiga fokus permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana peran BUMDES dalam pemberdayaan remaja? 2) Bagaimana strategi Pemerintah Desa Banyuglugur dalam pemberdayaan Remaja Desa?. Tujuan dari penelitian ini ialah a) Untuk mendeskripsikan peran BUMDES sebagai upaya pemberdayaan remaja di Desa Banyuglugur Kecamatan Banyuglugur Kabupaten Situbondo. b) Untuk mengetahui bagaimana program-program yang telah dilaksanakan serta pencapaiannya di Desa melalui BUMBES di Desa Banyuglugur Kecamatan Banyuglugur Kabupaten Situbondo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif peneliti dan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ialah di Desa Banyuglugur Kecamatan Banyuglugur Kabupaten Situbondo. Subyek penelitian memakai teknik purposive sampling dengan menggunakan sumber data, Teknik pengumpulan data dengan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Analisis data secara interaktif model Milles dan Hubberman dengan langkah-langkah Reduksi data, koleksi data, penyajiyan data, dan verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Tahap penelitian ada 3 yaitu tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, dan tahap analisis data. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Peran BUMDES dalam pemberdayaan remaja ialah BUMDES dan pemerintah Desa berupaya merangkul para pemuda dengan program pemberdayaan remaja melalui program budidaya ikan hias dan ikan konsumsi. 2) Strategi yang dilakukan oleh Pemerintah Desa ialah dengan manajemen dan perencanaan program serta kerjasama dengan CSR PLTU Paiton.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 01 Nov 2022 08:04
Last Modified: 01 Nov 2022 08:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14350

Actions (login required)

View Item View Item