Analisis Tradisi Pengelolaan Hasil Panen Gabah Berdasarkan Peningkatan Kesejahteraan di Desa Kradenan Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi.

HANIF SULHAN, MUHAMMAD (2020) Analisis Tradisi Pengelolaan Hasil Panen Gabah Berdasarkan Peningkatan Kesejahteraan di Desa Kradenan Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
MUHAMMAD HANIF SULHAN_E20162061.pdf - Submitted Version

Download (9MB)

Abstract

Dalam meningkatkan pendapatan petani, para petani melakukan pengelolaan hasil panen gabah dan setelah dilakukan pengelolaan para petani menimbun gabahnya. Dalam perspektif islam tindakan menimbun adalah salah satu tindakan yang dilarang oleh agama. Dari kegatan tersebut, apakah kegiatan tersebut dibolehkan atau bahkan dihalalkan oleh Agama, atau harus ada solusi baru dalam sistem pengelolaannya. Sehingga, kegiatan ekonomi yang dilakukan bisa mendapatkan keberkahan dan terutama unsur halal yang diperbolehkan oleh Agama. Fokus penelitian yang terdapat dalam skripsi ini adalah: pertama Bagaimana proses pengelolaan hasil panen gabah dalam peningkatan pendapatan petani di Desa Kradenan Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi? Kedua, Bagaimana analisis peningkatan kesejateraan yang terjadi di Desa Kradenan Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi dalam pandangan Etika Bisnis Islam? Dalam penelitian skripsi ini, pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif, jenis penelitian menggunakan penelitian deskriptif. Sedangkan pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: pertama, Dalam tahap pasca panen yang dilakukan petani di Desa Kradean Kecamatan Puwoharjo Kabupaten Banyuwangi yakni, ketika petani telah selesai dari pemisahan padi dengan batang yang dilakukan disawah. Petani membawa gabahnya ke rumah untuk dilakukan pengelolaan selanjutnya yakni pengeringan atau penjemuran guna menangkal agar gabah tidak tumbuh kecambah. Setelah gabah selesai di keringkkan sampai pada level gabah kering giling maka oleh petani Desa Kradenan menyimpan gabahnya untuk menunggu harga gabah naik. Kedua, Petani Desa Kradenan dalam peningkatan kesejahteraan melalui proses pasca panen padi, dalam pandangan etika bisnis islam yaitu baik. Karena paetani Desa Kradenan menerapkan maslahah mursalat yakni khifdul mal (menjaga harta), yang mana untuk menjaga hasil keuntungan dari proses pasca panen padi petani tidak langsung menjual bagahnya, tetapi menimbun gabahnya terlebih dahulu untuk meningkatkan kesejateraan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 01 Nov 2022 08:04
Last Modified: 01 Nov 2022 08:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14352

Actions (login required)

View Item View Item