Implemenatasi Pembelajaran Quran di SMP Annur Kalibaru Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/ 2020

SIKA AZIZAH, PUTRI MEYDANI (2020) Implemenatasi Pembelajaran Quran di SMP Annur Kalibaru Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/ 2020. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
PUTRI MEYDANI SIKA AZIZAH_T20161029.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Untuk menumbuhkembangkan pembalajaran quran di SMP Annur Kalibaru, sebagai mata pelajaran di sekolah, maka sekolah tersebut menyediakan pembelajaran quran. Program ini sebagai salah satu unggulan yang disediakan untuk para siswa, sebagai pendukung pelaksanaannya pembelajaran quran ini, guru harus benar-benar memperhatikan acuan yang telah di tentukan oleh sekolah. Dalam hal ini sekolah tersebut menginginkan peserta didik yang berkarakter dan cinta terhadap alquran. yang esensinya adalah membangun manusia seutuhnya, yaitu manusia yang baik dan berkarakter. Keresahan masyarakat akan anaknya yang tidak bisa membaca alquran, menyebabkan banyak anaknya yang di pondokkan. Syarat apabila ingin masuk di SMP Annur, siswa di wajibkan untuk mondok. Maka dari itu, di SMP Annur Kalibaru mengimplementasikan pembelajaran Quran di SMP Annur Kalibaru Banyuwangi tersebut. Fokus yang dikaji dalam penelitian ini sebagai berikut, 1) Bagaimana pembelajaran membaca quran di SMP Annur Kalibaru Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/ 2020?; 2) Bagaimana pembelajaran menghafal quran di SMP Annur Kalibaru Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/ 2020?; 3) Bagaimana pembelajaran menulis quran di SMP Annur Kalibaru Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/ 2020?; 4) Bagaimana pembelajaran menerjemahkan quran di SMP Annur Kalibaru Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/ 2020? Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan pembelajaran membaca quran di SMP Annur Kalibaru Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/ 2020; 2) untuk mendeskripsikan pembelajaran menghafal quran di SMP Annur Kalibaru Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/ 2020; 3) untuk mendeskripsikan pembelajaran menulis quran di SMP Annur Kalibaru Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/ 2020; 4) untuk mendeskripsikan pembelajaran menerjemahkan quran di SMP Annur Kalibaru Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/ 2020. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan analisis deskriptif kualitatif menggunakan model analisis interaktif, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) implementasi pembelajaran membaca quran dengan tajwid dan fashohah; 2) implementasi pembelajaran menghafal quran dengan kelancaran menghafal sesuai dengan kaidah ilmu tajwid; 3) implementasi pembelajaran menulis quran dengan menggunakan huruf hijaiyah secara terpisah dan bersambung beserta tanda bacanya; 4) implementasi pembelajaran menerjemahkan quran perkalimat dan satu ayat quran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 01 Nov 2022 07:59
Last Modified: 01 Nov 2022 07:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14355

Actions (login required)

View Item View Item