Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Sains Peserta Didik Kelas VII Pada Materi Pencemaran Lingkungan Ndi SMP Negeri 6 Jember

Rofika Dewi, Agnes (2020) Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Sains Peserta Didik Kelas VII Pada Materi Pencemaran Lingkungan Ndi SMP Negeri 6 Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Agnes Rofika Dewi_T20161 0001.pdf - Submitted Version

Download (19MB)

Abstract

Proses pembelajaran di SMP Negeri 6 jember masih menggunakan metode pembelajaran tradisonal atau konvensional. Sehingga pembelajaran masih kurang efektif dan efisien. Metode tersebut kurang memadai dalam proses pembelajaran IPA untuk pengembangan keterampilan, berpikir abstrak dan real, berkomunikasi secara baik dalam presentasi pada saat proses pembelajaran. Hal tersebut juga berdampak pada hasil belajar peserta didik yang mendapatkan nilai dibawah ratarata. Salah satu alternatif yang diharapkan untuk memperbaiki proses pembelajaran yang efektif dan efisien, mampu melibatkan peserta didik berperan aktif, terampil dan inovatif yaitu dengan penggunaan model pembelajaran project based learning (PJBL). Project Based Learning (PJBL) adalah suatu model pembelajaran yang melibatkan suatu proyek yang dilakukan secara individu maupun secara kelompok yang dilaksanakan dalam waktu tertentu. Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) apakah ada perbedaan signifikan model project based learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada materi pencemaran lingkungan di SMP Negeri 6 Jember? 2) apakah ada perbedaan signifikan model project based learning terhadap keterampilan sains peserta didik kelas VII pada materi pencemaran lingkungan di SMP Negeri 6 Jember? Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui perbedaan signifikan model project based learning terhadap hasil belajar sains peserta didik kelas VII pada materi Pencemaran lingkungan di SMP Negeri 6 Jember. 2) untuk mengetahui perbedaan signifikan model project based learning terhadap keterampilan sains peserta didik kelas VII pada materi Pencemaran lingkungan di SMP Negeri 6 Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian Quasi Experiment (eksperimen semu). Penelitian ini di desain menggunakan Non-equivalent Control Group Design. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non-tes. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan dari hasil penelitian kuantitatif dapat disimpulkan hasil analisis uji t-test hasil belajar melalui nilai posttest siswa diperoleh hasil nilai thitung > ttabel yaitu 10,206 > 1,671 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan hasil analisis uji t-test keterampilan proses sains diperoleh hasil nilai thitung > ttabel yaitu 8,123 > 1,671 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga terdapat perbedaan signifikan terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 01 Nov 2022 07:59
Last Modified: 01 Nov 2022 07:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14357

Actions (login required)

View Item View Item