Penerapan Model Achievement Grouping dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Fajrul Islam Pulo Lumajang Tahun Pelajaran 2019/2020.

Indah Rahmawati, Imas Nur (2020) Penerapan Model Achievement Grouping dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Fajrul Islam Pulo Lumajang Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Imas Nur Indah Rahmawati_084141048.pdf - Submitted Version

Download (9MB)

Abstract

Penerapan Model Achievement Grouping dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di MPerbedaaan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an yang beragam menjadi salah satu problematika dalam proses pembelajaran membaca Al-Qur’an di Mts. Fajrul Islam dalam membaca Al-Qur’an. Ada siswa yang sudah lancar dalam membaca Al-Qur’an, ada yang belum lancar, dan bahkan ada siswa yang buta huruf Al-Qur’an. Untuk itu perlu ada suatu model pembelajaran yang tepat untuk mengatasi permasalahn tersebut. Model pembelajaran adalah model pembelajaran achievement grouping. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana dampak penerapan model achievement grouping dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Fajrul Islam Pulo Lumajang Tahun Pelajaran 2019/2020? 2) Bagaimana relevansi penerapan model Achievement grouping dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Fajrul Islam Pulo Lumajang Tahun Pelajaran 2019/2020? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan dampak penerapan model achievement grouping dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Fajrul Islam Pulo Lumajang Tahun Pelajaran 2019/2020. 2) Mendeskripsikan penerapan achievement grouping pada pembelajaran membaca Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Fajrul Islam Pulo Lumajang Tahun Pelajaran 2019/2020 Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Jenis wawancara yang digunakan adalah wawancara semi berstruktur dimana penulis hanya menyiapkan garis besar pertanyaan. Observasi yang digunakan adalah observasi non partisipan yaitu penulis hanya mengamati tanpa ikut terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Sedangkan dokumentasi yaitu terkait dokumen dan foto-foto kegiatan penerapan model pembelajaran achievement grouping. Hasil penelitian ini adalah: 1) Dampak dari penerapan model pembelajaran achievement grouping yaitu: a) Dampak positif, penerapan model achievement grouping dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an adalah memiliki rasa nyaman dan memudahkan guru dalam menyampaikan materi. b) Dampak negatif dari penerapan model pembelajaran achievement grouping yaitu beberapa pihak kurang sepakat dan siswa dengan kemampuan rendah terkonsep merasa minder. 2) Relevansi penerapan model achievement grouping dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an mencakup: a) Kelebihannya yaitu kemudahan bagi ustadz menyampaikan materi dan kemudahan bagi siswa dalam menerima pembelajaran b) Kekurangannya yaitu munculnya stigma negatif bagi siswa yang berada pada kelas rendah dan sombong bagi yang ada pada kelas yang lebih tinggi c) Langkah-langkahnya yaitu: salam pembuka dan berdoa bersama, memotivasi, Ustadz memberi contoh, siswa mulai membaca sesuai perolehan jilid dan ustadz meyimak serta memberi koreksi cara membaca yang benar, dan penutupadrasah Tsanawiyah Fajrul Islam Pulo Lumajang Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 01 Nov 2022 07:59
Last Modified: 01 Nov 2022 07:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14359

Actions (login required)

View Item View Item