muktiyatul, ulya (2022) Analisis Kualitas Pelayanan Gadai Kredit Cepat Aman (KCA) Pada PT. Pegadaian (Persero) UPC Tanggul Wetan Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Skripsi Muktiyatul Ulya Muhsin.pdf Download (2MB) |
Abstract
Muktiyatul Ulya Muhsin, Dr. M.F. Hidayatullah, S.H.I, M.S.I, 2022: Analisis
Kualitas Pelayanan Gadai Kredit Cepat Aman (KCA) pada PT. Pegadaian
(Persero) UPC Tanggul Wetan Jember.
PT Pegadaian merupakan satu-satunya Badan Usaha Milik Negara
(BUMN) yang bergerak di bidang jasa pembiayaan dan merupakan salah satu
perusahaan Negara yang memberikan pemasukan yang cukup besar kepada
pemerintah. Program Kredit Cepat Aman (KCA) merupakan salah satu produk
unggulan dari PT. Pegadaian (Persero) UPC Tanggul Wetan dalam membantu
masyarakat yang perekonomiannya lemah untuk mendapatkan pinjaman uang
dengan sistem kredit gadai, sehingga terhindar dari praktek-praktek yang bisa
merugikan masyarakat seperti lintah darat dan rentenir.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai proses pelaksanaan
program Gadai Kredit Cepat dan Aman (KCA) oleh PT Pegadaian (Persero) UPC
Tanggul Wetan Jember. Dan mengenai kualitas pelayanan dari proses pelaksanaan
program Gadai KCA oleh PT Pegadaian (Persero) UPC Tanggul Wetan Jember.
Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif
dengan jenis penelitian lapangan (field research). Sementara teknik pengumpulan
datanya menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian
untuk analisis data peneliti menggunakan tiga hal, yaitu reduksi data, penyajian
data dan kesimpulan, selain itu untuk keabsahan data menggunakan triangulasi
sumber.
Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). pelaksanaan Kredit Cepat
Aman (KCA) di PT. Pegadaian (Persero) UPC Tanggul Wetan sudah
dilaksanakan secara baik dan sudah memenuhi standar operasional. Prosedur
pengajuan pun sudah dianggap mudah oleh konsumen dan proses pencairan dana
tidak memerlukan waktu terlalu lama. Proses pencairannya sendiri bagi PT.
Pegadaian (Persero) UPC Tanggul Wetan sudah distandarisasi dengan maksimal
waktu menunggu nasabah 15 menit dan tidak boleh lebih dari waktu yang sudah
ditentukan. 2). Dan untuk kualitas pelayanan komponennya terdiri atas tangible,
reliability, responsiveness, assurance dan empathy sudah terpenuhi, dengan
begitu dapat dikatakan kualitas pelayanan yang dilakukan oleh PT. Pegadaian
(Persero) UPC Tanggul Wetan sudah sesuai dengan keinginan nasabah dan
kualitas layanan dapat dikatakan baik. Dan untuk standar kualitas pelayanannya
dalam perspektif islam yang terdiri atas siddiq, amanah dan fathonah, tablig, dan
istiqomah dapat dikatakan sudah terpenuhi dengan baik.
Kata Kunci: Kualitas, Pelayanan, Gadai, Kredit Cepat Aman (KCA).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | muktiyatul ulya muhsin |
Date Deposited: | 02 Nov 2022 02:42 |
Last Modified: | 02 Nov 2022 02:42 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14360 |
Actions (login required)
View Item |