Pembelajaran Kitab Durratun Nashihiin dalam Meningkatkan Pengamalan Ibadah Shalat Masyarakat Dusun Jurang Dawer Desa Mojosari Kecamatan Sumbersuko Kabupaten Lumajang.

Tri Indraswari, Riza Amalia (2020) Pembelajaran Kitab Durratun Nashihiin dalam Meningkatkan Pengamalan Ibadah Shalat Masyarakat Dusun Jurang Dawer Desa Mojosari Kecamatan Sumbersuko Kabupaten Lumajang. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Riza Amalia Tri Indraswari_T20161189.pdf - Submitted Version

Download (11MB)

Abstract

Adapun alasan peneliti mengangkat judul ini dikarenakan adanya permasalahan yang mana minimnya pengetahuan agama masyarakat, sehingga dalam pelaksanaan ibadahnya pun cenderung meremehkan, ini disebabkan karena beberapa faktor, yaitu pekerjaan dan pendidikan. Di tengah-tengah masyarakat tersebut, terdapat sebuah pembelajaran kitab Durratun Nashihiin. keunikan dari kitab ini ialah kitabnya yang membahas akidah, ibadah, dan akhlak, juga terdapat kisah-kisah menarik. Yang cocok jika dipelajari di masyarakat. Fokus dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pembelajaran akidah kitab Durratun Nashihiin dalam meningkatkan pengamalan ibadah shalat masyarakat Dusun Jurang Dawer Desa Mojosari Kecamatan Sumbersuko Kabupaten Lumajang? 2) Bagaimana pembelajaran ibadah kitab Durratun Nashihiin dalam meningkatkan pengamalan ibadah shalat masyarakat Dusun Jurang Dawer Desa Mojosari Kecamatan Sumbersuko Kabupaten Lumajang? 3) Bagaimana pembelajaran akhlak kitab Durratun Nashihiin dalam meningkatkan pengamalan ibadah shalat masyarakat Dusun Jurang Dawer Desa Mojosari Kecamatan Sumbersuko Kabupaten Lumajang? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran akidah kitab Durratun Nashihiin dalam meningkatkan pengamalan ibadah shalat masyarakat, untuk mengetahui pembelajaran ibadah kitab Durratun Nashihiin dalam meningkatkan pengamalan ibadah shalat masyarakat, dan untuk mengetahui pembelajaran akhlak kitab Durratun Nashihiin dalam meningkatkan pengamalan ibadah shalat masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun kesimpulannya, sebagai berikut: 1) Setelah masyarakat mempelajari materi akidah kitab Durratun Nashihiin, ibadah shalat masyarakatpun meningkat seperti takut untuk meninggalkan shalat, berusaha untuk khusyu’ dan berusaha untuk tidak memikirkan hal lain di luar shalat. 2) Begitupun setelah masyarakat mempelajari materi ibadah kitab Durratun Nashihiin, ibadah shalat masyarakatpun meningkat dari yang awalnya mengakhiri waktu shalat, setelah mengikuti pembelajaran dapat lebih disiplin lagi, masyarakat juga sudah mengerjakan shalat dengan berjamaah meskipun di waktu tertentu saja, seperti maghrib dan isya’, masyarakat juga mulai menambahkan ibadahnya dengan ibadah shalat sunnah, seperti shalat sunnah rawatib, shalat sunnah dhuha, dan juga shalat sunnah tahajud. 3) Setelah masyarakat mempelajari materi akhlak dalam kitab Durratun Nashihiin, maka ibadah shalat masyarakat pun meningkat. Masyarakat bukan sekedar hanya mengerjakan shalat saja tapi juga mendirikannya, karena shalat yang dilakukan masyarakat dapat mencegahnya dari perbuatan keji dan munkar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 01 Nov 2022 07:59
Last Modified: 01 Nov 2022 07:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14361

Actions (login required)

View Item View Item