Analisis Risiko Akad Murabahah Pada Pembiayaan Kendaraan Bermotor Barokah (KBB) Di BMT UGT Sidogiri Capem Kaliwates Jember

Nurdini Malik, M. Agus Rifqi (2020) Analisis Risiko Akad Murabahah Pada Pembiayaan Kendaraan Bermotor Barokah (KBB) Di BMT UGT Sidogiri Capem Kaliwates Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
M. Agus Rifqi Nurdini Malik_083133132.pdf - Submitted Version

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena BMT UGT Sidogiri merupakan lembaga keuangan yang menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan dana kepada usaha-usaha yang dilakukan masyarakat dengan berdasarkan pada sistem perekonomian syari’at Islam. BMT UGT Sidogiri selaku lembaga intermediasi tentu menghadapi berbagai risiko yang kemungkinan akan terjadi. Salah satunya adalah risiko pembiayaan. Risiko ini timbul karena adanya ketidakpastian pada pembiayaan yaitu risiko murni seperti adanya musibah atau bencana yang terjadi pada anggota. Risiko dapat dikatakan sebagai suatu peluang terjadinya kerugian atau kehancuran. Risiko dapat menimbulkan kerugian apabila tidak diantisipasi serta dikelola dengan baik. Untuk mengendalikan risiko seminimal mungkin memang sangat penting, karena besar kecilnya risiko pembiayaan akan berdampak pada perolehan keuntungan perusahaan. Fokus dari penelitian ini diantaranya adalah : 1. Bagaimana praktek akad murabahah pada pembiayaan kendaraan bermotor barokah (KBB) di BMT UGT Sidogiri capem Kaliwates Jember? 2. Apa saja risiko terkait akad murabahah pada pembiayaan kendaraan bermotor barokah (KBB) di BMT UGT Sidogiri capem Kaliwates Jember? 3. Bagaimana cara mengatasi risiko akad murabahah pada pembiayaan kendaraan bermotor barokah (KBB) di BMT UGT Sidogiri capem Kaliwates Jember? Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana praktek akad murabahah pada pembiayaan kendaraan bermotor barokah (KBB) di BMT UGT Sidogiri capem Kaliwates Jember, serta mengetahui apa saja risiko terkait dan juga untuk mengetahui bagaimana cara dalam mengatasi risiko akad murabahah pada pembiayaan kendaraan bermotor barokah (KBB) di BMT UGT Sidogiri capem Kaliwates Jember. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif. Hasil penelitian ini yaitu : 1. a) Prosedur pengajuan pembiayaan kendaraan bermotor anggota harus melengkapi persyaratan pengajuan pembiayaan. b) Harus terjadi kesepakatan antara BMT dengan anggota, Untuk besaran margin telah ditentukan BMT sebesar 2,5% dari modal. c) Untuk kendaraan baru, BMT sendiri yang akan melakukan pembelian di dealer. Sedangkan kendaraan bekas, BMT menggunakan akad wakalah. 2. Risiko pembiayaan ini terjadi keterlambatan pembayaran angsuran bahkan hingga terjadinya macet. 3. Upaya awal untuk meminimalisir kemungkinan risiko yaitu lebih selektif dalam menyetujui permohonan pembiayaan serta melakukan kunjungan rutin ke rumah anggota guna menjaga kelancaran dalam pembayaran angsuran dan juga memberikan denda bagi anggota yang telat membayar angsuran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 01 Nov 2022 08:00
Last Modified: 01 Nov 2022 08:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14362

Actions (login required)

View Item View Item