Strategis Kepala Madrasah dalam pengelolaan pembelajaran kelas unggulan pada era Pendemi Coronavirus Desease di Madrasah Tsanawiyah negeri 11 Banyuwangi

Rizki Syiam Saputra, Syiam (2022) Strategis Kepala Madrasah dalam pengelolaan pembelajaran kelas unggulan pada era Pendemi Coronavirus Desease di Madrasah Tsanawiyah negeri 11 Banyuwangi. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Ahmad Siddiq Jember.

[img] Text
TESIS. DIGILIB.Syiam.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Rizki Syiam Saputra, 2022. Strategi Kepala Madrasah Dalam Pengelolaan
pembelajaranPembelajaran Program Kelas Unggulan Pada Era Pandemi Coronavirus
Desease 19 Di Madrasah Tsanawiyyah Negeri Sebelas Banyuwangi. Tesis, Jurusan
Manajemen Pendidikan Islam UIN Kiai Haji Ahmad Sidiq Jember. Pembimbing 1:
Dr.Khotibul Umam, M.A, Pembimbing 2: Dr. Zainal Abidin, S.Pd, M.S.I
Kata Kunci: Kepala Madrasah, Pengelolaan pembelajaran Program Kelas unggulan,
Era Pandemi
Kepala madrasah merupakan kunci yang sangat menentukan keberhasilan madrasah dalam
mencapai tujuannya. Kepala madrasah dituntut senantiasa meningkatkan efektifitas kinerja para
staf yang ada di madrasah. Munculya Pandemi Covid-19 yang menyebar keseluruh penjuru dunia
termasuk Indonesia berdampak pada semua sektor. Pendidikan unggulan telah menjadi sebuah
kebutuhan mengingat banyaknya potensi anak-anak bangsa yang perlu mendapatkan pelayanan
khusus. Hingga saat ini pandemi Covid-19 masih berlanjut dan tidak tahu sampai kapan akan
berakhir. Wabah ini secara tidak langsung berdampak pada segi-segi kehidupan, baik aspek
ekonomi, sosial, kesehatan, kebudayaan, pariwisata, pendidikan.
Fokus pembahasan penelitian pada Bagaimana perencanaan Strategi kepala madrasah era
pandemi Coronavirus Desease 19 dalam pengelolaan pembelajaranprogram kelas unggulan di
Madrasah Tsanawiyyah Negeri Sebelas Banyuwangi?, Bagaimana pelaksanaan Strategi kepala
madrasah era pandemi Coronavirus Desease 19 dalam pengelolaan pembelajaranprogram kelas
unggulan di Madrasah Tsanawiyyah Negeri Sebelas Banyuwangi?, Bagaimana dampak strategi
Strategi kepala madrasah era pandemi Coronavirus Desease 19 dalam pengelolaan pembelajaran
program kelas unggulan di Madrasah Tsanawiyyah Negeri Sebelas Banyuwangi?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif merupakan penelitian yang
menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku
yang dapat diamati. Jenis penelitian ini adalah studi kasus merupakan penelitian yang dilakukan
dalam satu kesatuan sistem.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Sekolah melakukan Analisa kebutuhan, Sekolah
menetapkan tujuan sesuai dengan target sekolah, Sekolah menetapkan beberapa program
meliputi: guru mengajar mata pelajaran yang diampu sesuai dengankualifikasi dan kompeten
dalam bidangnya serta sekolah mempersiapanpelatihan guru dalam pembelajaran online,
Tersedianya elektronik untuk guru dan peserta didik yang memadai, Proses belajar melalui
beberapa aplikasi dan Link proses belajar diberikanoleh guru, Guru sudah mengikuti bimbingan
teknologi, Berbentuk File Via aplikasi Whatsapp dan instruksi melalui Video Call, Sistem
kehadiran melalui Whatsapp dan mengisi Google formulir, Materi dan evaluasi diunggah ke
Youtube dan Googlesites

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Depositing User: Rizki syia Syiam Syiam
Date Deposited: 02 Nov 2022 02:30
Last Modified: 02 Nov 2022 02:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14374

Actions (login required)

View Item View Item